Dilema Resign: Takut Nggak Dapat Pekerjaan Baru karena Kelewat "Tua"

Endah Wijayanti13 Apr 2019, 10:48 WIB
pengangguran

Fimela.com, Jakarta Berkarier di perusahaan atau bekerja di kantor, mungkin ada pada satu titik di mana kita merasa sudah ingin resign. Mungkin karena sudah tidak betah kerja, merasa sudah stuck, atau sudah tidak nyaman lagi bekerja di tempat yang sama dengan rutinitas yang itu-itu saja. Hanya saja dilema pun hadir saat kita merasa akan kesulitan mendapat pekerjaan baru karena sudah kelewat "tua".

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak lowongan kerja yang menyertakan kategori usia sebagai salah satu syaratnya. Sebagian ada yang menginginkan perempuan dengan usia yang masih muda dan berpenampilan menarik meski yang dimaksud menarik di sini juga bias. Kondisi ini pun bisa memberi ketakutan sendiri tidak bisa mendapat pekerjaan baru setelah resign karena terhalang faktor usia.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Selengkapnya, ikuti keterangannya di sini.

1. Cek Lagi Kemampuan Apa Saja yang Sudah Dipunya

Selama bertahun-tahun kerja atau ngantor, apa saja kemampuan atau keahlian yang sudah dikuasai. Ini nantinya bisa jadi modal kita. Kalaupun tidak bisa kembali menemukan kantor atau perusahaan yang bisa mempekerjakan kita, kita bisa mencoba alternatif untuk membuka usaha sendiri. Modal untuk membuka usaha atau bisnis sendiri tak hanya uang tapi juga kemampuan atau keahlian yang kita punya.

 

2. Punya Dana Simpanan 3 Kali Gaji Bulanan

pekerjaan
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/daria nepriakhina

Siapkan dana darurat. Khususnya bila kita masih belum bisa mendapatkan pekerjaan pengganti begitu kita resign, kita juga tetap memastikan setidaknya kondisi keuangan kita masih cukup stabil. Ada uang yang masih bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari, tanpa merepotkan orang lain. Apalagi saat belum punya sumber penghasilan baru saat resign, penting sekali untuk punya uang "pegangan" selama beberapa waktu sembari mencari pekerjaan baru.

3. Mencoba Bidang Baru

Belum ada kata terlambat untuk mencoba sesuatu yang baru. Menekuni bidang yang baru pun bisa dilakukan pada usia berapa pun. Kita perlu mengubah pola pikir kita. Jangan hanya merasa kita sudah "tua" kita jadi kehilangan kesempatan untuk membuat sesuatu yang baru. Selama kita percaya diri, punya keahlian atau kemampuan yang dibutuhkan, dan berani untuk mencoba dengan mengukur setiap risiko dan konsekuensi yang ada, kita pasti bisa lebih sukses dari sebelumnya.

 

4. Pengalaman Kerja Jadi Keunggulanmu

berandai HL
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/rawpixel

Sudah banyak pengalaman kerja yang kita punya. Hal ini bisa jadi modal kita untuk lebih unggul di dunia kerja. Mungkin kita memang akan kalah dengan yang lebih muda bila diukur dari faktor usia. Tapi dari faktor pengalaman, kita bisa lebih baik dari yang lainnya. Pengalaman yang kita punya adalah nilai plus kita. Perbaiki resume dan portofolio kita. Mau kembali kerja kantoran atau memutuskan untuk jadi pekerja lepas atau pengusaha, kita bisa lebih percaya diri dengan pengalaman yang kita punya.

Dilema takut tidak dapat pekerjan baru yang lebih baik karena faktor usia memang hal yang lumrah kita rasakan saat menginginkan resign. Apapun keputusan yang kita ambil, kita harus siap dengan konsekuensi yang ada. Semoga pilihan yang kita ambil bisa memberikan kebaikan dan kesejahteraan yang lebih baik seperti yang kita harapkan, ya.

Lanjutkan Membaca ↓