Tips Berpetualang ke India Sendirian, Never Afraid To Travel Unknown

Iwan Tantomi18 Apr 2019, 15:42 WIB
Tips Berpetualang ke India Sendirian, Never Afraid To Travel Unknown

Fimela.com, Jakarta India dikenal sebagai negeri seribu budaya yang membuat tempat ini kaya akan perayaan, festival, spiritualitas, serta kegembiraan. Sebuah negara yang sangat luas, yang nggak akan pernah puas untuk dijelajahi karena setiap langkah begitu menyenangkan dan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Tapi di balik tabir keindahan, pasti tersimpan keraguan untuk berani menjejakkan kaki seorang diri ke sana. Selain jarak yang cukup jauh dari Indonesia, India masih menjadi hal yang asing buat pecinta jalan-jalan di negeri ini.

Masih sedikit solo traveler yang berani melangkahkan kaki ke sana. Terlebih banyak juga pendapat yang mengatakan kalau India bukan negeri yang ramah buat mereka yang melakukan perjalanan sendirian. Namun, di balik persepsi yang membuat India terlihat menyeramkan, tersimpan banyak keramahan dan pesona yang sayang jika dilewatkan. Kini saatnya membuktikannya sendiri Never Afraid to Travel Unknown untuk melangkahkan kaki di India. Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu perhatikan.

Gali Informasi Sedetail Mungkin

Tips Berpetualang ke India Sendirian, Never Afraid To Travel Unknown
© Shutterstock

Sebelum memuaskan rasa penasaranmu terhadap India, ada baiknya menggali informasi sedetail mungkin tentang destinasi tersebut. Lakukan riset kecil lewat internet mulai dari bandara yang akan menjadi terminal kedatangan pesawatmu, kota mana yang ramah untuk solo traveler terutama perempuan, serta kebiasaan dan budaya apa saja yang harus dijaga agar traveling lebih aman.

Jika sudah menemukan itinerary mana saja yang ingin dikunjungi, jangan lupa cari tahu soal transportasi apa yang bisa membantu mencapai tujuan yang diinginkan. Semakin banyak informasi yang kamu ketahui tentang India, petualangan bakal terasa lebih menyenangkan.

Temukan Tempat Menginap Terbaik untuk Solo Traveler

 

Tips Berpetualang ke India Sendirian, Never Afraid To Travel Unknown
© Shutterstock

Ada banyak tempat menginap yang tersebar di India sesuai dengan budget. Tapi, hal paling utama yang penting untuk menjadi pertimbangan adalah memilih tempat menginap terbaik untuk solo traveler. Perhatikan soal kenyamanan, keamanan hingga lokasinya. Jangan malas membaca review hotel atau dormitory yang menjadi incaran supaya kamu bisa mendapatkan gambaran tentang pengalaman menginap di sana.

Perhatikan Pakaian yang Digunakan

Tips Berpetualang ke India Sendirian, Never Afraid To Travel Unknown
©Shutterstock

Dengan keberagaman budaya yang ada di sana, tentunya ada aturan-aturan nggak tertulis yang harus dipahami oleh para pendatang. Salah satu yang paling penting adalah tata cara berpakaian. Demi keamanan dan kenyamanan saat liburan ke India, pastikan kamu memperhatikan pakaian yang digunakan.

Hindari menggunakan tank top dan hot pants meskipun cuaca di sana panas. Kamu akan terlihat lebih sopan jika memilih loose t-shirt dan celana panjang saat menikmati petualangan di sana. Scarf juga bisa dibawa untuk menjadi pelindung kepala dari cuaca panas selama petualangan. Dengan pakaian yang tepat, kamu jadi bisa lebih nyaman menikmati keindahan negara tersebut tanpa perlu merasa was-was.

Simpan Nomor Darurat

Tips Berpetualang ke India Sendirian, Never Afraid To Travel Unknown
© Samsung

Bukan hanya di India, ke mana pun dirimu pergi sebaiknya sudah membekali diri dengan nomor-nomor darurat lokal. Beberapa yang terpenting adalah telepon kedutaan Indonesia, kepolisian, dan rumah sakit setempat. Ini penting sebagai emergency number yang bisa dihubungi segera saat kamu berada dalam kondisi darurat.

Gali Lebih Dalam tentang 'Hidden Gems of India'

Tips Berpetualang ke India Sendirian, Never Afraid To Travel Unknown
© Samsung

Berjalan-jalan mengelilingi India itu seperti memegang peta tua dan kamu ingin menemukan banyak harta karun yang tersimpan di sana. Ada banyak hidden gems, atau tempat-tempat indah tapi kurang terekspos secara luas, di sana. Menemukannya berarti seperti mendapatkan satu peti perhiasan karena keindahan yang dimiliki oleh 'permata' tersebut.

Jangan sia-siakan momen menemukan hidden gems of India. Saatnya untuk mengabadikan temuan harta karun dengan kamera terbaik. Tak perlu menggenggam kamera digital karena setiap jepretan jadi lebih indah bersama Samsung Galaxy S10. Smartphone terbaru dengan Professional Smart Camera yang bisa mengabadikan setiap momen di India dengan sempurna.

Tips Berpetualang ke India Sendirian, Never Afraid To Travel Unknown
©Instagram/samsung_id

Samsung Galaxy S10 dibekali dengan multiple camera, termasuk sebuah lensa wide angle yang bekerja seperti kamera DSLR. Bisa bantu kamu mendapatkan jepretan traveling yang pro. Ada juga fitur smart intelligent system lainnya seperti scene optimizer yang bekerja seperti photo assistant dan mampu mengenali 30 subyek populer. Sementara itu, Local Tone Mappingnya secara otomatis menyesuaikan dengan setelan kamera buat membantu kamu mendapatkan the best shots. Ada juga Flaw Detection yang bakal memberikan peringatan saat ada pengambilan gambar yang salah.

Ada lagi fitur dual aperture yang super canggih. Khusus untuk F2.4 aperture mode-nya bakal membantu ketajaman gambar di siang hari. Sementara itu, F1.5 aperture mode bisa digunakan untuk menangkap gambar di kondisi malam hari atau minim cahaya agar tetap terlihat menakjubkan.

Tips Berpetualang ke India Sendirian, Never Afraid To Travel Unknown
© Samsung

Setelah puas mengambil gambar dengan kamera canggih Samsung Galaxy S10, saatnya menyaksikan kembali hasil fotomu lewat layarnya yang mengusung konsep Cinematic Infinity Display. Dengan fitur HDR10+ dan Dynamic Tone Mapping menghasilkan visual yang dapat mengekspresikan warna foto yang kamu ambil secara lebih natural.

Khusus fingerprint-nya sendiri, kamu cukup menyentuh layarnya untuk membuka kunci ponsel. Ada juga dukungan fitur Ultrasonic Fingerprint yang dapat mengenali karakter obyek 3D sehingga bisa membedakan mana sentuhan jari asli dan mana yang bukan. Yang nggak kalah penting adalah fitur Wireless Powershare, cocok buat kamu yang hobi traveling. Dengan charging pad yang menempel pada ponsel, kamu bisa menggunakannya untuk sharing kapasitas baterai ponsel secara wireless dengan smart device lain dalam keadaan darurat. Cari tahu detail spesifikasi lainnya dengan klik di sini.

Tips Berpetualang ke India Sendirian, Never Afraid To Travel Unknown
© Samsung

Nah, tahu nggak sih? Gadget ini juga menjadi andalan Nicholas Saputra untuk menemukan permata-permata tersembunyi di negeri Sungai Gangga tersebut, kemudian mengemasnya dalam video menarik yang disutradarai oleh Davy Linggar.

Ingin tahu bagaimana serunya Nicholas Saputra menjejakkan kaki di sana bersama Samsung Galaxy S10? Sabar, karena Nico berjanji akan membagikan 'harta karun' itu buat kamu yang ingin menaklukkan India. Tungguin videonya ya, Sahabat Fimela!

(adv/xap)