4 Makanan yang Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Oleh UNESCO

Mimi Rohmitriasih12 Apr 2019, 17:10 WIB
Lumpia

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela termasuk seseorang yang suka melakukan wisata kuliner? Dari sekian banyak kuliner yang ada, apa dan dari mana kuliner favoritmu? Bicara mengenai kuliner, penting kita tahu bahwa kuliner di setiap tempat atau daerah erat kaitannya dengan budaya di sana. Kuliner juga menjadi hal yang menarik bahkan terkadang memiliki nilai sejarah unik.

Bicara mengenai kuliner, melansir dari Liputan6.com, ada beberapa kuliner atau makanan yang dinobatkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Komisi khusus yang menetapkan hal ini adalah The Committee for the Safeguarding of Intagible Cultural Heritage. Ada beberapa kuliner dari berbagai negara yang dianggap unik dan istimewa sehingga ditetapkan sebagai warisan budaya dunia. Makanan tersebut antara lain sebagai berikut.

2 of 4

Lumpia dan Washoku

lumpia
ilustrasi lumpia/copyright Shutterstock

Lumpia

Lumpia merupakan makanan khas Semarang, Indonesia. Makanan ini resmi ditetapkan sebagai kuliner warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 2014 lalu. Meski asal mula lumpia dari Tiongkok, namun makanan ini sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia dan beberapa kali mengalami modifikasi.

Washoku

Washoku merupakan kuliner yang ditetapkan sebagai kuliner warisan budaya dunia selanjutnya. Ini merupakan makanan khas Jepang. Sejak tahun 2013, Washoku diakui sebagai kuliner yang unik dan istimewa dengan lima elemen, lima citarasa dan lima teknik memasak.

3 of 4

Pizza dan Nsima

pizza
ilustrasi/copyright pixabay.com/HoaLuu

Pizza

Pizza juga menjadi salah satu kuliner yang ditetapkan sebagai warisan budaya dunia. Pizza jenis Naples dari Italia telah diakui oleh UNESCO sejak tahun 2017. Mulai bentuk, rasa dan cara memasak dinilai unik serta istimewa.

Nsima

Ini merupakan makanan asal Malawi, Afrika dan ditetapkan sebagai kuliner warisan budaya dunia.Nsima adalah makanan yang terbuat dari jagung, diolah dengan cara ditumbuk lalu dimasak. Ini merupakan makanan pengganti nasi.

Itulah sedikitnya 4 makanan atau kuliner yang ditetapkan sebagai kuliner warisan budaya dunia oleh UNESCO. Semoga informasi seputar kuliner ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita akan dunia kuliner.

4 of 4

Simak Juga Video Ini:

Lanjutkan Membaca ↓