Memisahkan Tulang Ceker Ayam dari Kulitnya, Simak Tipsnya!

Endah Wijayanti19 Apr 2019, 11:45 WIB
memisahkan tulang ceker ayam

Fimela.com, Jakarta Memisahkan tulang ceker ayam atau mengeluarkan tulang ceker ayam memang gampang-gampang susah. Daging dan kulit ceker ayam teksturnya lebih lembut dan kenyal. Hal tersebut yang kadang cukup menyulitkan dalam proses memisahkan tulang dari kulitnya.

Ada beberapa langkah yang memang perlu dilakukan untuk memisahkan tulang ceker ayam dari kulitnya. Mulai dari proses perendaman hingga perebusan. Selengkapnya, langsung saja simak caranya di sini, ya.

1. Ceker Ayam Disayat Sebelum Direbus

Ceker ayam yang sudah dibersuihkan bisa direndam terlebih dahulu. Kemudian, buat sayatan di bagian bawah kaki ayam dengan ujung pisau. Setelah itu, didihkan air, lalu masukkan ceker ayam. Masak hingga mendidih lama dan kulit ceker ayam mengelupas.

2. Kuliti Ceker Ayam dengan Menarik Kulitnya

Inilah Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan Anda
Ilustrasi.

Ceker yang sudah dibersihkan dan dibuang kukunya bisa langsung dikulit dengan bantuan pisau. Caranya, dengan menggunakan bagian pisau yang tumpul, ketok tulang terpanjang pada ceker ayam. Setelah itu, tarik keluar tulang yang diketok tadi. Tarik hingga bagian tulang keluar dengan bantuan pisau kecil sambil sesekali menyayatnya untuk mengangkat bagian tulang yang menempel di kulit. Kita bisa membelah ceker jadi dua bagian, lalu merebusnya.

3. Kuliti Ceker Ayam dengan Memukul Persendiannya

Untuk memudahkan proses pemisahan tulang ceker ayam dari kulitnya, kita bisa memukul bagian persendian ceker dengan bantuan sisi pisau yang tumpul. Setelah itu, kita dapat menyayatnya untuk kemudian mengulitinya.

4. Dikuliti Setelah Direbus

10 Potret Ceker Ayam yang Sanggup Bikin Kamu Seketika Lapar
Ilustrasi.

Bila kesulitan menguliti ceker ayam yang masih mentah, kita bisa coba mengulitinya setelah direbus terlebih dahulu. Caranya, ceker ayam yang sudah bersih bisa dimasukkan dalam air yang sudah mendidih. Rebus cakar ayam selama sekitar 20 menit, bau setelah itu kita pisahkan bagian tulangnya dari kulitnya.

Bila tidak mau ribet memisahkan bagian tulang dari kulit ceker ayam, kita bisa mengolahnya dengan cara dipresto. Dengan bagian tulang yang sudah empuk, kita bisa mengolahnya jadi aneka hidangan lezat tanpa kesulitan memisahkan bagian tulangnya lagi.

Lanjutkan Membaca ↓