5 Tips Mengembangkan Karier di Tengah Banyaknya Rintangan yang Menghadang Perempuan

Endah Wijayanti18 Apr 2019, 13:40 WIB
glass ceiling

Fimela.com, Jakarta Pernah dengar istilah glass ceiling? Glass ceiling atau pagu kaca bisa diartikan sebagai batas semu yang menjadi penghalang berkembangnya karier perempuan. Kiasan kaca digunakan untuk mewakili makna akan sesuatu yang tidak tampak tapi ada. Dengan kata lain, sebenarnya ada batasnya tapi tak terlihat karena tidak secara nyata dinyatakan membatasi gerak perempuan demi mencapai jenjang karier yang lebih tinggi.

Pada perusahaan atau lingkungan kerja yang masih berpegang pada nilai-nilai budaya patriariki yang lebih banyak menguntungkan kaum pria, perempuan seringkali mengalami banyak kesulitan atau dihambat jalannya dalam mengembangkan karier. Di tengah banyak rintangan dan hambatan yang menghambat karier, perempuan perlu usaha lebih keras untuk bisa mencapai kesuksesan karier yang diimpikan. Caranya? Bisa dengan mulai melakukan hal-hal berikut ini.

1. Perkuat Mental dan Rasa Percaya Diri

Dari dalam diri sendiri, kita perlu meneguhkan diri bahwa proses dan perjalanan untuk menjadi perempuan karier yang sukses itu mungkin akan berliku. Bisa jadi akan ada banyak kegagalan yang harus kita hadapi. Atau malah ada banyak orang atau pihak yang akan menjegal kita. Benar-benar persiapkan mental kita untuk itu semua. Bekali diri dengan kemampuan dan keahlian terbaik supaya bisa membuktikan bahwa kita memang bisa diandalkan.

2. Buat Pencapaian atau Prestasi yang Membanggakan

[Fimela] Women at Work
Ilustrasi./unsplash.com

Diremehkan atau dipandang sebelah mata di tempat kerja, kita tak perlu langsung merasa minder. Meski mungkin hari-hari kita akan terasa lebih sulit tapi selalu ada ruang untuk membuat pencapaian atau prestasi baru. Kerahkan dan fokuskan energi serta waktu kita untuk hal-hal yang lebih penting untuk kita.

3. Mencari Mentor atau Panutan

Ada baiknya memang perlu untuk mencari mentor, pembimbing, atau sosok yang bisa dijadikan panutan. Memiliki support system yang baik akan sangat membantu kita mengembangkan karier kita. Setidaknya kita tahu hal-hal apa saja dalam karier yang perlu diwaspadai. Kita bisa tahu kesalahan-kesalahan yang harus dihindari. Kita juga perlu membangun jejaring atau punya orang-orang yang bisa membantu kita mencapai puncak tangga.

4. Membuat Target-Target Karier yang Baru Secara Berkala

Hak Pekerja
Ilustrasi./copyright unsplash.com/@tranmautritam

Apa yang ingin dicapai 1 tahun ke depan? Target apa yang ingin didapat dalam 5 tahun mendatang dalam karier? Apa yang akan dilakukan bila dalam kurun waktu tersebut masih stuck di karier atau pekerjaan yang tak membuat kita berkembang? Saatnya untuk membuat karier kita lebih berkembang dan sukses dengan membuat target-target yang jelas. Lalu kita bisa berusaha sebaik mungkin mencapai setiap target yang sudah kita buat tersebut.

5. Ciptakan Peluang dan Kesempatan Baru

Kita harus menyiapkan diri dan membuat cara terbaik untuk menciptakan peluang dan kesempatan baru bila pada saat tak terduga kita terhadang jalan buntu. Terkadang untuk mengembangkan karier yang lebih baik kita perlu mencari inisiatif untuk membuat peluang serta kesempatan baru. Karena tak selamanya kita bisa bergantung pada orang lain atau mempertaruhkan nasib kita di tangan orang lain.

Jelas tidak mudah untuk bisa bertahan dan berjuang di tengah banyaknya rintangan yang menghadang dalam berkarier. Tapi kita sebagai perempuan selalu memiliki kekuatan dalam diri kita untuk menjadi hebat baik dalam karier maupun dalam kehidupan kita sehari-hari.

Lanjutkan Membaca ↓