4 Tips Mengurangi Sampah Makanan, yuk Mulai dari yang Paling Mudah!

Endah Wijayanti22 Apr 2019, 13:14 WIB
sisa makanan

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kita mencoba mencari tahu berapa banyak sampah makanan yang kita hasilkan selama tahun? Sungguh disayangkan bila selama ini ternyata kita telah membuang banyak sisa dan sampah makanan, sementara di sekitar kita masih banyak orang yang kekurangan. Belum lagi dengan dampak polusi dan kotoran yang tercipta dari menumpuknya sisa dan sampah makanan, hal ini bisa jadi masalah yang cukup kompleks.

Saatnya untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Bisa dimulai dari cara yang paling mudah dan sederhana melalui kebiasaan-kebiasaan untuk mengurani sampah makanan. Berikut sejumlah tips yang bisa dicoba untuk mengurangi sampah makanan yang bisa kita coba dari sekarang.

1. Beli Bahan Makanan Segar Sesuai Kebutuhan

Sangat disarankan untuk membuat daftar belanja lebih dulu sebelum pergi berbelanja. Beli aneka bahan makanan segar sesuai kebutuhan, khususnya sayur dan buah. Jangan sampai karena kebanyakan beli, ujungnya malah akan membuangnya karena kelewat busuk sebelum dihabiskan.

2. Makan Buah-buahan dengan Kulitnya

Jenis buah tertentu bisa langsung dimakan dengan kulitnya. Coba kurangi sampah kulit buah tersebut dengan memakan serta kulitnya ketika buah dikonsumsi. Misal, buah apel dan buah pir cukup dicuci bersih untuk kemudian dikonsumsi. Sehingga tidak ada sisa sampah kulit yang kita buat.

3. Manfaatkan Jadi Pupuk Kompos

Ada sisa sayur atau sisa buah, kita bisa memanfatkannya jadi bahan pupuk kompos. Sampah organik bisa kita daur ulang atau olah kembali jadi kompos untuk menyuburkan tanah. Dengan cara ini kita sudah bisa mengurangi penumpukan sampah makanan.

4. Atur Penyimpanan Semua Bahan Makanan dengan Baik di Kulkas

Atur dan tata semua bahan makanan dengan lebih rapi di kulkas. Misal, kita bisa meletakkan bahan makanan yang sekiranya bakal tahan lebih lama di bagian belakang, sedangkan yang mudah busuk dan harus segera digunakan di bagian depan. Jangan mencampur buah atau sayur busuk ke bahan makanan yang lain. Ada baiknya setiap plastik atau wadah pembungkus diberi label pembelian supaya kita bisa menggunakannya sebelum kelewat busuk.

Saatnya untuk belanja lebih bijak dan memanfaatkan bahan makanan sesuai kebutuhan untuk mengurangi sampah makanan, ya. Atau mungkin Sahabat Fimela di sini ada yang punya ide atau tips lain yang lebih efektif untuk mengurangi sampah makanan? Silakan bagi infonya di sini.