Pisah Ranjang Justru Bikin Pernikahan Lebih Happy, Menurut Studi!

Febi Anindya Kirana23 Apr 2019, 16:45 WIB
pasangan

Fimela.com, Jakarta Orang mungkin berpikir bahwa tidur satu ranjang akan membuat hubungan cinta dalam pernikahan semakin intim karena suami-istri menghabiskan waktu bersama lebih lama di malam hari. Namun sepertinya dugaan itu tidak sepenuhnya benar. Penelitian justru menunjukkan sebaliknya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 37 persen perempuan dan 34 persen pria mengatakan bahwa mereka sebenarnya merasa lebih bahagia ketika mereka punya ruangan tidur terpisah.

Psikolog dan life coach Danielle Dowling, Psy.D., mengatakan dalam MindBodyGreen.com bahwa menjadi pasangan bukan berarti Anda harus selalu melakukan apa pun bersama. Lebih sehat jika setiap orang punya waktu masing-masing untuk dihabiskan sendiri.

Penelitian oleh National Sleep Foundation tahun 2005 juga menunjukkan 1 dari 4 pasangan bahagia ternyata tidur terpisah. Dengan kata lain, tidur sendiri-sendiri, tidak satu ranjang, justru bisa meningkatkan kebahagiaan dalam pernikahan.

Pernikahan Bahagia dengan Pisah Ranjang

kepribadian
ilustrasi tempat tidur/Photo by Nicole Honeywill on Unsplash

Sebenarnya hasil penelitian seperti ini tidak begitu mengejutkan, karena adanya jarak justru membuat satu sama lain merasa rindu. Sedangkan terus-terusan saling menyanding pasangan di satu ranjang setiap hari justru akan menimbulkan rasa bosan. Sesekali pasangan butuh suasana baru saat tidur, salah satunya adalah dengan tidur sendirian atau tidur terpisah.

Setiap orang juga butuh waktu untuk sendirian, menikmati 'kesendirian' yang seringkali diabaikan, padahal penting untuk keseimbangan kesehatan mental seseorang.

Jadi, kini sudah tahu kan mengapa Sahabat Fimela sebenarnya tidak harus setiap malam tidur seranjang bersama pasangan? Semua ini demi kebahagiaan rumah tangga kalian lho!

Simak juga video berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓