Perempuan Punya Banyak Peran, Ini Kiat Sukses Jadi Ibu Pengusaha

Vinsensia Dianawanti24 Apr 2019, 06:00 WIB
Mengatasi Dilema, Wanita Karier vs Ibu Rumah Tangga (Peshkova/Shutterstock)

Fimela.com, Jakarta Perempuan Indonesia cukup beruntung memiliki kesempatan yang terbuka untuk mengembangkan dan mengoptimalkan potensi diri dalam dirinya. Hal tersebut diungkapkan aktris cantik Maudy Koesnaedi dalam sebuah talkshow "Mompreneur" di Jakarta pada Selasa (23/4/2019).

"Saya bersyukur dikasih kesempatan untuk berkarya melakukan hal-hal yang memang saya suka. Yang saya rasa bermanfaat buat saya dan orang-orang di Indonesia," ujar Maudy Koesnaedi.

Ibu rumah tangga di Indonesia kini memiliki banyak kesempatan untuk menjadi mandiri dengan menjadi pengusaha. Hal serupa pun dilakukan oleh Maudy Koesnaedi. Di mana ia masih tetap aktif berkarya sebagai aktris maupun desainer. Dengan demikian, ibu rumah tangga bisa cukup mandiri dengan memiliki penghasilan sendiri. Tidak melulu mengandalkan penghasilan suami.

Menurut Eva Lusiana selaku Vice President Sales Operation PT. Tirta Investama (Danone-AQUA) perempuan memiliki determinasi yang tinggi bagi hal yang ia inginkan. Dengan perempuan memiliki usaha sendiri, bisa membuatnya memiliki penghasilan tambahan dan menjadi kontributor ekonomi di rumah. AQUA pun membentuk sebuah Gerakan AHS atau AQUA Home Service yang diluncurkan pada tahun 2008.

Ini merupakan bentuk komitmen dari Danone-AQUA untuk memberdayakan perempuan dengan cara menjadi model distributor mikro yang dapat membantu AQUA dalam menyebarkan kebaikan sedekat mungkin dengan konsumennya. Hingga kini, model ini telah membantu lebih dari 7.300 anggota, yang mayoritasnya adalah ibu rumah tangga, dari 18 provinsi di seluruh Indonesia.

 

Kiat sukses bagi ibu rumah tangga yang menjalankan usaha

Punya Banyak Peran, Ini Kiat Sukses Jadi Ibu Pengusaha
Simak kiat sukses bagi ibu rumah tangga punya usaha (Foto: Danone-AQUA)

Dalam menjalani peran sebagai pengusaha, banyak tantangan yang dihadapi perempuan. Khususnya bagi yang sudah berkeluarga. Maudy pun berbagi kiat sukses menjadi ibu pengusaha atau Mompreneur. Apa saja?

1. Komunikasi

Mencoba membangun komunikasi menjadi sangat penting sehingga terbangun kepercayaan dan support system yang baik. Dengan demikian, perempuan bisa tetap menjalani usahanya dan perannya dalam keluarga secara beriringan.

2. Memahami tujuan membangun usaha

Dengan kesempatan besar yang dimiliki perempuan Indonesia, harus dioptimalkan dengan menggali potensi diri sedalam mungkin. Dengan kesempatan ini pula, perempuan bisa mengoptimalkan keberadaannya di masyarakat. Untuk itu, perempuan sendiri perlu memahami tujuan dari membangun usaha.

Lanjutkan Membaca ↓