4 Tips Memilih dan Membeli Sayur Pakis yang Bagus!

Febi Anindya Kirana29 Apr 2019, 17:55 WIB
pakis

Fimela.com, Jakarta Sayur pakis mungkin tidak sepopuler sayur lainnya sepperti kangkung atau sawi, namun sam-sama memiliki kandungna gizi sehat dan bisa diolah menjadi makanan enak. Namun karena jarang-jarang bisa menemukannya di pasar, seringkali orang bingung seperti apa baiknya memilih pakis yang bagus dan bagaimana cara mengolahnya.

Nah, untuk memudahkan saat berbelanja sayur pakis, ini dia tips memilih pakis yang bagus, Sahabat Fimela.

1. Pilih yang masih muda

Cara paling baik memilih sayur pakis adalah pilih yang daun-daunnya masih muda, lebih banyak yang masih kuncup dan melingar akan lebih baik. Hindari memilih yang daunnya sudah banyak yang mekar, apalagi berdaun tebal dan keras.

Cara Memilih Sayur Pakis

sayur pakis
Image by Michael Gaida from Pixabay

2. Warna daun yang cerah

Umumnya daun pakis memang hijau tua, namun pilih daun yang warnanya cukup cerah, karena ini menunjukkan daun tersbeut masih muda. Jangan memilih daun yang sudah mekar dan berwarna hijau tua.

3. Tidak layu

Ketika layu, daun akan berubah menjadi lebih gelap atau menghitam, lebih baik jangan dibeli. Pakis akan lebih enak diolah saat masih segar.

4. Hindari menyimpan terlalu lama

Jangan menyimpan pakis terlalu lama di kulkas, lebih baik segera olah setelah membelinya. Bukan hanya akan layu tapi juga tak begitu enak lagi ketika dimasak.

Nah, itu dia sekian tips memilih dan membeli sayur pakis yang bagus dan enak diolah. Selamat berbelanja, Sahabat Fimela.

Tonton video berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓