Sukses

Lifestyle

Toto by Hayon Persembahkan Koleksi Terbaru dengan Konsep Tubuh Manusia

Fimela.com, Jakarta Tata ruang kamar mandi tak boleh diabaikan dan terpinggirkan dari tata ruang-ruang lain di rumahmu. Bahkan, kamar mandi juga sama pentingnya dengan ruang tidur. Karena itulah, Toto menggandeng seorang desainer dan seniman asal Madrid, Spanyol, Jamie Hayon untuk menciptakan tata ruang kamar mandi yang sederhana secara desain namun memiliki teknologi terdepan. 

Menurut Hayon, koleksi dan desain miliknya tak melulu cantik penuh warna. Namun, secara keseluruhan juga mengedepankan kesederhanaan. Sehingga, penataan ruang tidak penuh dengan hiasan. Namun, katanya pada Press Conference yang diadakan di TOTO Office Building, Jakarta (30/4/2019) lalu, secara fungsional koleksi-koleksi desainnya ini memiliki teknologi terdepan. 

Sehingga, juga dapat memenuhi kebutuhan penghuni rumah sekaligus memanjakannya. Hayon juga memadukan kecintaannya terhadap konservasi keterampilan kerajinan dalam karyanya untuk perusahaan-perusahaan tradisional kelas atas. 

"“Bagi saya, proyek ini merupakan sebuah proses dalam menemukan kesederhanaan dari segi desain dan kecanggilan dari segi fungsi. Artinya, perlu ada keselarasan antara sisi visual dan dekoratif dengan sisi fungsi yang efisien. Kedua sisi harus terajut menjadi sebuah desain utuh yang klasik, bertahan dan berkelanjutan," jelasnya. 

Terinspirasi dari Tubuh Manusia

Jika dilihat secara keseluruhan, Hayon cenderung bermain pada lekuk-lekuk dan garis lengkung pada koleksi desainnya. Ternyata, Hayon terinspirasi pada tubuh manusia. Pasalnya, Hayon melihat lekuk tubuh manusia yang terjalin dengan fungsi anggota tubuh. 

"Saya berpikir mengenai garis lengkung pada tubuh manusia dan kurangnya sudut-sudut tajam pada tubuh kita. (Saya) memutuskan, setiap elemen (desainnya) harus merefleksikan tubuh manusia," katanya. 

Selain itu, ada konsep lain yang juga tak kalah penting, yaitu konsep “penuh dan kosong”. Ide “penuh” yang datang dari bentuk tubuh secara utuh, mencerminkan bentuk dari perabot tersebut; sementara ide “kosong” yang berasal dari kerangka tubuh, dituangkan dalam perangkat keran dan pipa agar fokus pada elemennya sebagai fungsi.

Jamie Hayon

Hayon telah bekerja sama dengan sederet produsen lainnya seperti keramik, kaca, marmer, kayu, dan lain-lain di seluruh dunia. Menurut Tony Suryanto, Marketing Planning Department Manager Toto, Hayon menciptakan perabotan yang dekoratif serta perangkat penerangan. 

“Karya Hayon telah dikenal di dunia seni dan desain. Gaya desainnya yang riang dan gembira selalu memadukan rasa hormat yang tinggi terhadap keterampilan kerajinan. Hayon telah bekerja dengan sederetan produsen keramik, kaca, marmer, kayu, dan lainnya di dunia, untuk menciptakan perabotan-perabotan dekoratif, dan perangkat penerangan.

Desain interiornya yang memukau telah menghiasi hotel dan museum dengan ruang-ruang yang mencerminkan kosmos dunia Hayon yang elegan dan luas. Kolaborasi adalah sesuatu yang ia jalani dengan penuh semangat, Hayon menciptakan sebuah dialog visual baru yang memadukan keahlian dan tradisi. Hayon menciptakan sebuah mahakarya untuk TOTO,” jelasnya. 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading