Indahnya Berbagi Isi Kulkas Selama Ramadan di Dubai

Karla Farhana14 Mei 2019, 06:00 WIB
[Fimela] Dubai

Fimela.com, Jakarta Ramadan bukan hanya soal puasa. Di Bulan Suci ini umat Muslim di seluruh dunia saling berbagi kasih dan rezeki kepada sesama. Di Indonesia, kamu pasti sering melihat ada begitu banyak takjil gratis yang disediakan oleh pihak masjid atau masyrakat setempat. 

Nah, kalau di Dubai, Uni Emirat Arab, masyarakat lokal yang disebur Emirati ini pun memiliki kebiasaan untuk saling berbagi yang luar biasa. Tak pernah terpikir sebuah aksi kini berubah menjadi sebuah kebiasaan bahkan tradisi Ramadan di kota serba modern ini. 

Seorang ekspatriat asal Belanda, Fikra Yel baru-baru ini membagikan pengalamannya kepada Gulf News saat berbagi isi kulkasnya kepada para pekerja di komunitas dimana dia tinggal. Fikra membagikan berbagai makanan yang dia miliki dari dalam lemari esnya dan juga minuman untuk komunitas setempat. 

Tradisi yang kini sudah dilakukan setiap tahun di bulan Ramadan disebut dengan Ramadan Sharing Fridges. Ini, tulis Gulf News, merupakan sebuah entitas terdaftar di bawah naungan Red Crescent. Dari 1 kulkas, kini sudah ada 202 kulkas yang ditempatkan di berbagai sudut lokasi di Dubai. 

Awal Mulai Muncul Inisasi

Tahun 2016, Fikra pindah dari Meadows ke Jumerah Park. Sebelum pindah rumah, dia mendonasikan kulkasnya ke seorang teman, Sumayyah Sayed yang tinggal di Meadows. Sumayyah ini memutuskan untuk membuat Facebook group untuk mengumpulkan para relawan, membantunya mengisi penuh kulkas tersebut. 

Nah, isi kulkas tersebut berguna untuk para pekerja di daerah sekitar. Pada akhir Ramadan 2016, inisiasi ini sudah sangat berkembang dan jumlah kulkas yang digunakan untuk mendonasikan makanan dan minuman untuk masyarakat dan komunitas setempat bertambah hingga 170 kulkas. 

Menurut Sahabat Fimela, bisakah ide ini diterapkan di Indonesia selama bulan Ramadan ini? 

Simak Video Berikut

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓