Asuransi Bantu Ringankan Beban Pengobatan Hingga Usia 99 Tahun

Anisha Saktian Putri24 Mei 2019, 08:00 WIB
kids/pixabay

Fimela.com, Jakarta Penyakit kritis seperti kanker, gagal ginjal, stroke, thalasemia, leukemia, dan hemofilia merupakan penyakit yang membutuhkan biaya pengobatan atau perawatan yang sangat besar. Bahkan selalu meningkat setiap tahunnya.

Praktisi kesehatan, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan pasalnya, penderita harus mengikuti sederet proses pengobatan seperti terapi, kemoterapi, cuci darah, hingga obat-obatan yang harus dikonsumsi. Tentu, perawatan tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Hal ini diperkuat oleh atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di mana jumlah pembiayaan penyakit kritis mengalami kenaikan dari 2016, total pembiayaan sebesar Rp13,7 triliun dan meningkat menjadi Rp20,4 triliun pada 2018.

"Apalagi saat ini teknologi kesehatan semakin berkembang, tentu membuat biaya berobat pun semakin meningkat," ujar dr. Reisa di Jakarta.

Mengingat biaya perawatan kesehatan makin meningkat, masyarakat harus mulai menaruh perhatian karena dampak keuangan akibat risiko penyakit tersebut dapat memengaruhi rencana keluarga untuk masa depan.

"Oleh karena itu, penting untuk siap secara finansial dan melindungi diri melalui asuransi kesehatan yang memenuhi kebutuhan,” tambah dr. Reisa.

2 of 3

Berobat semakin ringan

Prudential
Prudential

Agar biaya pengobatan semakin ringan, asuransi Prudential pun meluncurkan produk baru berupa asuransi tambahan (rider) atas asuransi dasar PRULink Generasi Baru dan PRULink Generasi Baru Syariah bernama PRUPrime Healthcare Plus dan PRUPrime Healthcare Plus Syariah.

Head of Product Development Prudential Indonesia Himawan Purnama, menyatakan sebagai produk tambahan, asuransi tersebut memiliki keunggulan. Di antaranya dapat menentukan masa perlindungan usia pertanggungan sampai dengan 99 tahun dan batas manfaat hingga Rp65 miliar per tahun.

"Preminya sangat fleksibel tergantung usia. Makin muda makin murah. Minimum premi sesuai ketentuan Prulink generasi baru adalah mulai Rp400 ribu, maksimal tidak ada," ujarnya

Setidaknya PPH Plus dan PPH Plus Syariah memiliki delapan keunggulan yang dapat dipilih, di antaranya fleksibel dalam menentukan pilihan kamar rawat inap atau pilihan batas harga kamar.

Dengan PPH Plus dan PPH Plus Syariah, pemegang polis juga bisa fleksibel dalam menentukan wilayah perlindungan hingga ke seluruh dunia termasuk Amerika Serikat sesuai pilihan plan. Dengan produk ini, fleksibel pula dalam menentukan masa perlindungan.

"Pembayaran rawat jalan sesuai tagihan untuk perawatan kanker dan cuci darah, manfaat perawatan 30 hari sebelum den 90 hari sesudah tindakan bedah rawat jalan, serta kunjungan Dokter Umum dan Dokter Spesialis (serta Sub Spesialis) per jenis spesialisasi masing-masing hingga dua kali per hari," paparnya.

Ada pula pembayaran manfaat sesuai tagihan untuk perawatan fisioterapi, terapi okupasi, dan terapi wicara

3 of 3

Simak video berikut

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓