4 Tips agar Kering Kentang Tahan Lama

Endah Wijayanti24 Mei 2019, 05:30 WIB
kering kentang

ringkasan

  • Kentang Diiris dengan Ukuran Sama Besar
  • Kentang Direndam dalam Larutan Air Kapur Sirih
  • Kentang Digoreng Sampai Terendam (Pakai Minyak Banyak)
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Untuk stok lauk yang bisa tahan lama, kering kentang sering jadi salah satu pilihan terbaik. Kering kentang pun bisa jadi bekal untuk mudik karena tidak mudah basi. Rasanya yang memiliki perpaduan manis, gurih, pedas, dan asin memang cocok untuk dijadikan lauk untuk makan setiap saat. Dinikmati dengan nasi putih pun sudah enak.

Membuat kering kentang yang garing dan tahan lama, ada sejumlah tips penting yang perlu diperhatikan. Selain memilih jenis kentang yang segar dan permukaannya mulus, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui. Selengkapnya, langsung saja simak di sini, ya.

1. Kentang Diiris dengan Ukuran Sama Besar

Kita bisa mengiris kentang secara manual dengan menggunakan pisau tajam. Bisa juga menggunakan alat pengiris kentang yang berbahan stainless steel. Usahkaan kentang diiris dengan ukuran sama besar. Tujuannya agar dalam proses penggorengan bisa sama rata matangnya. Bila ukurannya tidak sama, nantinya ketika digoreng, tekstur kentang tidak bisa benar-benar renyah.

 

2 of 4

2. Kentang Direndam dalam Larutan Air Kapur Sirih

Manfaat Kentang
Kentang. (sumber: Istockphoto)

Kenapa harus menggunakan larutan air kapur sirih? Larutan ini bisa membuat tekstur kentang lebih renyah dan garing saat digoreng. Kita bisa melarutkan 1 sdm air sirih dalam 3 liter air. Kemudian rendam kentang yang sudah diiris ke dalam larutan air kapur sirih tersebut selama sekitar 20 menit. Baru kemudian tiriskan dan bilas dengan air bersih.

3 of 4

3. Kentang Digoreng Sampai Terendam (Pakai Minyak Banyak)

Keripik kentang
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Pakai teknik deep frying untuk mendapatkan kentang yang renyah. Gunakan minyak yang banyak. Goreng kentang sampai benar-benar terendam. Masukkan secukupnya (tidak terlalu banyak dalam setiap penggorengan) denan terus diaduk selama kentang digoreng. Setelah itu, pastikan kentang ditiriskan dengan sempurna.

4. Kentang Dimasukkan setelah Bumbu Mendidih

Bumbu yang digunakan tak harus terlalu halus. Bahan bumbu yang dihaluskan sebaiknya diulek untuk mendapatkan tesktur yang agak kasar. Setelah itu, bumbu bisa ditumis sampai mendidih. Ketika bumbu sudah agak mengental, baru masukkan kentang yang sudah digoreng sebelumnya. Dengan bumbu yang matang sempurna dan tekstur yang kental, kita bisa membuat kering kentang yang bisa tahan lama.

Itu tadi empat tips dasar yang bisa dicoba untuk membuat kering kentang yang tahan lama. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

4 of 4

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓