Selain Ketupat Sayur, Ini 5 Hidangan Ketupat Khas Indonesia Lainnya

Mimi Rohmitriasih26 Mei 2019, 20:15 WIB
Diperbarui 26 Mei 2019, 20:15 WIB
Ketupat

Fimela.com, Jakarta Ketupat menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang identik dengan lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Bisa dipastikan bahwa di semua daerah di Indonesia ramai-ramai menyajikan ketupat saat Hari Raya Idul Fitri. Penyajian ketupat ini juga bermacam-macam.

Ada banyak jenis hidangan ketupat di Indonesia yang siap memanjakan lidah kita semua. Tak hanya ketupat sayur, ada beragam jenis hidangan ketupat. Setiap daerah di Indonesia memiliki jenis ketupat serta penyajian yang tak sama antara satu sama lainnya. Berikut jenis sajian ketupat tersebut.

Ketupat Kapau dan Dua Lainnya

Ketupat
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ketupat Kapau

Ketupat Kapau merupakan sajian ketupat yang khas di Sumatera Barat tepatnya di daerah Kapau. Jenis hidangan ketupat ini terbuat dari beras ketan dan disajikan bersama gulai itik cabe hijau atau rendang yang enaknya kebangetan.

Ketupat Babanci

Jenis ketupat selanjutnya ada ketupat babanci. Ini merupakan ketupat khas daerah Jakarta. Makanan ini merupakan makanan khas masyarakat Betawi. Ketupat babanci biasa disajikan bersama kuah santan yang dibumbui kemiri, cabai, bawang putih, rempah-rempah khas Betawi, bawang merah dan daging atau ayam.

Ketupat Kandangan

Ini merupakan sajian ketupat yang khas di Kalimantan Selatan. Sajian ini terbuat dari beras ketan dan disajikan bersama kuah santan berwarna kekuningan mirip opor. Sajian ketupat ini juga tak lupa disajikan bersama ikan haruan goreng atau bumbu balado. Meski merupakan makanan yang bekuah, makanan ini akan disantap memakai tangan langsung tanpa sendok.

Ketupat Palas dan Satu Lainnya

Ketupat
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ketupat Palas

Ketupat palas juga disebut sebagai ketupat pulut. Sajian ini berasal dari Medan. Ketupat palas terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun palas (palem) berbentuk segitiga dan direbus hingga matang. Ketupat palas biasanya disajikan bersama rendang atau kuah gula merah.

Ketupat Sipulut

Jenis ketupat satu ini banyak ditemukan di daerah Sumatera Barat. Ketupat sipulut memiliki tekstur yang agak lunak karena menggunakan santan di dalamnya. Ketupat sipulut umumnya disajikan bersama tapai ketan hitam atau rendang.

Itulah beberapa jenis ketupat di berbagai daerah di Indonesia beserta pendamping penyajiannya. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi yang menjalankannya.

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓