Menyambut Lailatul Qadar di Bulan Ramadan, Kenali Tanda Kedatangannya

Mimi Rohmitriasih25 Mei 2019, 14:15 WIB
Ramadan

ringkasan

  • Cuacanya tidak panas dan juga tidak dingin
  • Malam Lailatul Qadar dipenuhi dengan taburan cahaya
  • Ulama percaya jika air laut akan terasa tawar di malam Lailatul Qadar
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemualiaan. Dan tahukah dirimu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhan-Nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu malam (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadr, 1-5).

"Barang siapa salat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari, 1901).

Untuk bisa bertemu dengan malam Lailatul Qadar, sebaiknya kita memperbanyak ibadah di 10 hari terakhir Ramadan. Rasulullah bersabda, "Carilah Lailatur Qadar pada tanggal-tanggal ganjil dari sepuluh hari akhir bulan Ramadan." (HR. Bukhari)

Bagaimana Tanda-tanda Kedatangan Lailatul Qadar?

Amalan di Malam Lailatul Qadar
Amalan di Malam Lailatul Qadar / Sumber: iStockphoto

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda tentang Lailatul Qadar, "Yaitu malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan tampak kemerah-merahan." (Imam Al Baihaqi dalam Syu'abul Iman, 3693).

Tak ada yang pernah tahu kapan Lailatul Qadar datang. Hanya orang-orang beruntung yang senantiasa beribadah dan beriman kepada Allah SWT yang akan bertemu dengan malam penuh kemuliaan ini. Meski begitu, para ulama percaya jika malam Lailatul Qadar ditandai oleh beberapa peristiwa atau hal. Berikut tanda-tandanya menurut para ulama.

Tanda-tanda Kedatangan Lailatul Qadar

Lailatul Qadar
Ilustrasi/copyright shutterstock.com
  1. Malam Lailatul Qadar ditandai dengan banyaknya malaikat yang turun ke bumi hingga tak terhitung jumlahnya.
  2. Malam ini menjadi malam yang penuh dengan kebaikan dan kemudahan. Cuaca di dalamnya sangat bersahabat, tidak panas dan juga tidak dingin.
  3. Malam Lailatul Qadar dipenuhi dengan taburan cahaya meski tak ada sinar lampu atau sumber cahaya lainnya.
  4. Hati orang yang bisa bertemu dengan malam penuh kemuliaan ini akan senantiasa tenang, bahkan lebih tenang dari malam-malam lainnya.
  5. Dada atau perasaan terasa plong, lega dan lapang seakan-akan tak pernah ada sedikit pun masalah dalam hidup.
  6. Angin bertiup sangat tenang, tidak kencang apalagi ribut.
  7. Orang yang terbiasa menghidupkan malam Ramadan agar jauh rasa gelisah, galau bahkan takut. Orang ini akan merasa sangat tenang, nyaman dan nikmat dalam beribadah.
  8. Matahari di pagi hari bersinar tak begitu cerah dan penuh kemerah-merahan yang menyejukkan raga serta jiwa.
  9. Bagi orang-orang yang dikehendaki mendapatkan kesempatan bertemu dengan Lailatul Qadar akan bermimpi menyaksikan Lailatul Qadar dalam tidurnya. Ini seperti yang pernah disaksikan atau dialami para sahabat Rasulullah SAW.
  10. Ulama percaya jika air laut akan terasa tawar di malam Lailatul Qadar.
  11. Di beberapa daerah atau wilayah yang dipenuhi anjing, keledai atau hewan lainnya menjadi lebih steril dari suara dan menjadi lebih tenang.
  12. Malam Lailatul Qadar juga akan membuat pepohonan terlihat tawadu' dengan menundukkan ranting serta daunnya.

Itulah beberapa tanda dari datangnya Lailatul Qadar. Marhaban ya Ramadan, semoga kita menjadi orang-orang yang beruntung dan bisa bertemu dengan malam penuh kemuliaan yakni malam Lailatul Qadar di Ramadan tahun ini maupun tahun-tahun selanjutnya. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.

 

Simak Juga Video Berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓