Menikmati Libur Lebaran Sambil Berkunjung ke 7 Negara dengan Tradisi Unik

Karla Farhana02 Jun 2019, 10:00 WIB
[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah dan Buka Puasa Hari ke-30, 14 Juni 2018

ringkasan

  • Libur Lebaran di luar negeri dapat menjadi momen penting untuk mempelajari budaya orang lain di belahan dunia yang berbeda.
  • Selama libur Lebaran ini, ternyata ada beragam aktivitas, tradisi dan festival Ramadan di berbagai negara.
  • Ada 7 negara, termasuk Indonesia, yang memiliki daya tarik tersendiri selama Lebaran.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Hari Raya Idul Fitri merupakan perayaan keagamaan yang menandai Bulan Suci Ramadan. Seluruh umat Muslim di dunia pasti akan merayakannya dengan beragam kegiatan.

Nah, buat Sahabat Fimela yang ingin mengisi libur Lebaran dengan berkunjung ke luar negeri, ternyata Agoda.com menawarkan berbagai perayaan dan kegiatan Idul Fitri di 7 negara. Ini bisa menjadi referensi bagi Sahabat Fimela yang ingin merayakan Lebaran dengan keluarga di luar negeri. 

London, Inggris

Di London, Idul Fitri bukan termasuk hari libur nasional di sana. Namun, ada Eid Festival 2019 yang harus kamu kunjungi. Di festival tersebut, kamu bisa menikmati hidangan dan restoran-restoran Timur Tengah di Edgware Road, London.  

Perayaan tersebut biasanya dimulai dengan salat Ied di pagi hari kemudian diikuti dengan mengunjungi keluarga dan teman-teman sambil menikmati masakan-masakan tradisional. Kamu yang mengunjungi London dapat mengambil bagian dalam perayaan ini di Trafalgar Square, yang akan menampilkan berbagai pertunjukan serta menyajikan makanan dari berbagai negara pada Sabtu, 8 Juni 2019 nanti. Jangan sampai telat, acara dimulai pukul 12.00-16.00 waktu setempat. 

 

New York, Amerika Serikat

Time Square New York City
Suasana Time Square Kota New York (iStockphoto)

Di New York, kamu bisa menyaksikan penyalaan Lampu Gedung Empire State Building. Untuk dapat menikmati liburanmu di sana, kamu bisa memilih hotel yang sungguh nyaman seperti Arthouse Hotel di Upper West Side yang menyajikan arsitektur kosmopolitan. Selain itu, kamu juga bisa megisi liburanmu dengan mengunjungi Islamic Cultural Center dan Museum Kota New York. 

Istanbul, Turki

Nikmati piknik bersama umat Muslim dan wisatawan lainnya di antara The Hagia Sophia dan Masjid Biru yang ikonis di Sultanahmet Square. Menjelang Lebaran, kamu mungkin bisa melihat pemain-pemain gendang Ramadan yang tampil pada saat fajar menyingsing di sepanjang jalan untung membangunkan masyarakat Muslim untuk sahur. 

Uni Emirat Arab

 

Menjelang akhir Ramadan, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berpbuka puasa di Dubai Opera. Lalu, kamu juga bisa bermain bersama keluarga di Theme Park IMG Worlds of Adventure, lho! 

Warga Emirati menghargai waktu yang dihabiskan bersama orang-orang terkasih selama Idul Fitri. Mereka akan menghabiskan waktu sambil menikmati makanan mewah. 

 

Arab Saudi

Ilustrasi Bendera Arab Saudi (iStockphoto via Google Images)
Ilustrasi Bendera Arab Saudi (iStockphoto via Google Images)

Kamu bisa menikmati suasana Arab Saudi yang indah di malam hari, ketika bermalam di dekat pusat keramaian dan Laut Merah yang terkenal di Raddison Blu Hotel, Jeddah Corniche. Warga setempat memiliki kebiasaan untuk berkumpul bersama keluarga di rumah lelaki tertua dalam keluarga, usai salat subuh di Hari Raya. 

Nah, saat waktu makan siang, mereka akn bersama-sama menikmati sajian spesial. Anak-anak akan tampil dengan pakaian baru dan akan menerima uang Lebaran sebagai hadiah. 

Kamu bisa mengambil bagian dalam perayaan Historic Jeddah Festival untuk bernostalgia dan melihat bagaimana orang-orang merayakan Idul Fitri di masa lalu, tepat di jantung pusat kota Balad. 

Srinagar, Kashmir

 

Di India, dekat perbatasan Pakistan tepatnya di Srinagar, Kashmir, juga terdapat kumpulan umat Muslim. Biasanya, mereka akan melaksanakan ibadah salat Ied terbesar, yang digelar di Hazratbal, tempat suci yang disebut-sebut sebagai tempat peninggalan suci Nabi Muhammad. 

Jangan lewatkan sajian manis di pagi hari saat Idul Fitri. Seperti sheer kurma, atau seviyan (puding vermicellidengan susu, air dan kacang-kacangan), disertai dengan kahwah, teh lokal yang diseduh dari daun teh hijau khusus dan saffron Kashmir. 

Jakarta, Indonesia

20160912-Begini Kondisi Lalu Lintas di Jakarta saat Libur Idul Adha-Jakarta
Kendaraan berlalu-lalang melintasi Jalan Tol Pancoran, Jakarta, Senin (12/9). Jalanan di Ibu Kota Jakarta tampak lengang pagi hingga menjelang siang karena warga sedang merayakan Idul Adha 1437 H. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Jangan sedih kalau Sahabat Fimela hanya akan berada di Jakarta selama libur Lebaran. Karena, ada banyak aktivitas dan tempat yang bisa kamu kunjungi di Ibu Kota. 

Ibu Kota akan menjadi jauh lebih sepi karena banyak orang yang mudik. Nah, kamu yang tidak begitu suka dengan keramaian bisa menjelajahi mal-mal dan melihat atraksi yang biasanya ramai di Jakarta. Selamat libur Lebaran! 

#GrowFearless

Lanjutkan Membaca ↓