Agar Rempeyek Renyah, Ini Tips yang Harus Diperhatikan

Mimi Rohmitriasih29 Mei 2019, 06:45 WIB
Rempeyek

ringkasan

  • Rempeyek merupakan camilan yang disukai banyak orang.
  • Ada beberapa tips agar rempeyek renyah salah satunya menggunakan bahan berkualitas.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Rempeyek menjadi salah satu sajian yang disukai semua orang. Rasa rempeyek yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat siapa saja seolah tak bisa menolak kelezatannya. Rempeyek biasanya disajikan sebagai camilan. Mendekati Lebaran seperti sekarang ini, tidak sedikit orang yang juga membuat rempeyek untuk sajian Lebaran.

Bicara mengenai rempeyek, untuk membuatnya camilan khas Indonesia ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Kenapa begitu? Ketika adonan yang dibuat tidak pas dan cara menggorengnya tidak tepat, ini bisa membuat rempeyek yang dibuat teksturnya lebih keras atau alot. Lantas, bagaimana tips membuat rempeyek agar lebih renyah? Simak yang berikut ini.

Pilih Bahan Berkualitas

tepung
ilustrasi tepung/copyright Rawpixel

Pilih Bahan Berkualitas

Saat membuat rempeyek yang pertama harus diperhatikan adalah bahannya. Pastikan untuk memilih bahan-bahan yang berkulitas baik. Bahan membuat rempeyek umumnya adalah tepung beras, sedikit tepung tapioka, kacang tanah atau udang rebon, ketumbar, garam, irisan daun jeruk purut, bawang putih, santan kelapa dan telur (jika suka).

Proses Mencampur Bahan

Pastikan untuk mencampur semua bahan dengan baik dan benar. Campur tepung dengan bumbu yang telah dihaluskan terlebih dulu kemudian tambahkan sedikit demi sedikit air hingga membentuk adonan cukup encer. Aduk semua bahan, tambahkan irisan daun jeruk dan isian rempeyek (kacang tanah, kacang kedelai atau udang rebon).

Cara Menyimpan Rempeyek

rempeyek
Rempeyek kacang/copyright: shutterstock

Proses Penggorengan

Ketika menggoreng rempeyek, gunakan api sedang saja. Masukkan adonan ke dalam wajan saat minyak benar-benar panas. Tuang adonan dengan sendok sayur di tepi wajan tepatnya di atas batas minyak dan buat lebar. Hindari menuang adonan ke dalam minyak langsung karena ini bisa membuat rempeyek menggumpal. Agar rempeyek matang merata, balik rempeyek saat bagian bawahnya sudah kering.

Menyimpan Rempeyek

Untuk proses penyimpanan, setelah digoreng dan matang, sebaiknya rempeyek ditiriskan hingga benar-benar tiris. Biarkan rempeyek hingga dingin kemudian simpan di toples atau wadah yang tertutup rapat. Menyimpan rempeyek dalam keadaan benar-benar tiris, sudah dingin dan di wadah tertutup akan membuatnya tahan lama serta bebas bau tengik. Lapisi bawah toples dengan tisu agar minyak yang tersisa di rempeyek bisa meresap ke tisu dan rempeyek benar-benar tiris.

Itulah tips membuat rempeyek agar benar-benar renyah dan tahan lama. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Simak Juga Video Berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓