Punya Hobi Pelihara Ikan, Jangan Lewatkan Swasti International Guppy Festival 2019

Meita Fajriana20 Jun 2019, 16:30 WIB
Hobi kokeksi Ikan Guppy

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu adalah pecinta ikan guppy dan memiliki hobi mengkoleksinya? Kalau iya ada satu festival yang tidak boleh kamu lewatkan, Swasti International Guppy Festival 2019. Festival pecinta guppy internasional ini hadir di Yogyakarta, 13-14 Juli 2019. Ajang ini bertujuan menjadikan Indonesia sebagai barometer produksi ikan guppy dunia.

Ikan Guppy beberapa tahun belakangan ini cukup mendapatkan perhatian sangat besar dari masyarakat Indonesia, hal tersebut berimplikasi dengan peningkatan jumlah pecinta, penghobi, dan pembudidaya Ikan Guppy di Indonesia. Saat ini tercatat komunitas IkanGuppy sudah mencapai lebih dari 50 komunitas dari 34 provinsi di seluruh Indonesia dengan kemampuan skala produksi Ikan Guppy mencapai 110.000 pasangan dalam 6 bulan.

Indonesian Guppy Popularized Association (IGPA) sebagai salah satu komunitas Ikan Guppy terbesar di Indonesia sangat optimis Indonesia mampu menjadi barometer produksi Ikan Guppy dunia dengan kekayaan potensi lingkungan yang sangat mendukung pembudidayaannya.

“Potensi Indonesia sangat besar secara nilai keekonomian dalam pasar IkanGuppy dunia, bila di hitung kemampuan skala produksi dengan nilai jual pasar dunia 100 dollar Amerika untuk satu pasang Ikan Guppy, nilai keekonomian Ikan Guppy nasional mampu mencapai 162 Miliar Rupiah hanya untuk 6 bulan,” kata Sahlan Rosyidi Ketua IGPA seperti rilis yang diterima Fimela, Kamis (20/6).

 

Diikuti oleh lebih dari 1000 peserta dari berbagai negara

Gelaran ini merupakan inisiasi IGPA dengan Swasti Farm. Swasti International Guppy Festival 2019 akan diikuti lebih dari 1000 peserta dari Thailand, Taiwan, Philipina, Cina, Malaysia, Singapura, dan Indonesia dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp30.500.000.

“IGPA sangat senang bisa menjalin kerjasama strategis dengan Swasti Farm, saat ini Swasti Farm dikenal sebagai satu-satunya farm Ikan Guppy yang paling besar dan modern dalam pengelolaannya. Dengan kerjasama ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan keindahan Ikan Guppy, serta pembuktian kualitas produksi nasional yang tidak kalah dengan Ikan Guppy dari negara lain,” tambah Sahlan Rosyidi.

 

Hobi kokeksi Ikan Guppy
Hobi kokeksi Ikan Guppy. (Foto: Dok. SIGF 2019)

Melihat ikan guppy skala internasional

Kualitas yang baik tentunya akan meningkatkan permintaan pasar nasional dan internasional. Di Swasti International Guppy Festival 2019 pecinta, penghobi, dan pembudidaya Ikan Guppy di Indonesia akan melihat, belajar, dan bahkan bisa memiliki Ikan Guppy dengan skala dunia dengan mekanisme lelang.

"Tantangan terbesar penghobi ikan guppy nasional untuk peningkatan kualitas adalah mekanisme perlakuan ikan guppy yang benar dengan pendekatan modern dalam pengelolaan farm dan akses terhadap ikan berkualitas,” tutup Danang Prima selaku Chief Executive Officer Swasti Farm.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓