Menikah di Usia Remaja atau di Atas 32 Tahun Rentan Bercerai, Benarkah?

Mimi Rohmitriasih27 Jun 2019, 13:00 WIB
Perceraian

Fimela.com, Jakarta Seiring dengan berjalannya waktu, kasus perceraian rupanya semakin meningkat setiap harinya. Tidak sedikit pasangan yang terlihat bahagia dan tanpa masalah secara tiba-tiba melayangkan gugatan cerai dan memutuskan untuk berpisah.

Perceraian yang saat ini sedang sentar ke publik adalah perceraian pasangan Song Song Couple yang tak lain adalah aktor dan aktris Korea Song Joon Ki dan Song He Kyo. Kabar perceraian keduanya sontak membuat masyarakat setempat pun dunia bertanya-tanya mengenai penyebabnya.

Menyoal penyebab dari perceraian, ada banyak hal yang menjadi penyebab perceraian. Setiap pasangan yang memutuskan berpisah setelah menikah tentunya memiliki alasan masing-masing kenapa mereka memutuskan berpisah. Salah satu alasannya adalah usia pasangan saat menikah.

Usia Saat Menikah Memengaruhi Perceraian

Perceraian
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Melansir dari laman theasianparent.com, penelitian yang dilakukan para ahli menyebutkan jika pasangan menikah saat keduanya berusia remaja sangat rentan mengalami perceraian dalam pernikahan. Selain itu, pasangan yang menikah saat keduanya berusia di atas 32 tahun juga sangat rentan memutuskan untuk berpisah setelah menikah.

Nicholas Wolfinger, seorang profesor di Utah mengungkapkan jika pasangan yang menikah di atas usia 32 tahun mengalami peningkatan risiko perceraian sebanyak 5% setiap tahunnya. Dalam studynya yang dipublikasikan di Institute for Family Studies, Nicholas menuliskan, "Bagi hampit semua orang, akhir usia dua puluhan adalah waktu terbaik untuk menikah. Menikah di usia 32 tahun lebih justru meningkatkan risiko perpisahan."

Studi lain yang diterbitkan di Journal Economic Inquiry menyebutkan jika jarak usia pasangan yang terlalu jauh juga sangat meningkatkan risiko perceraian. Megan Garber, seorang ahli mengungkapkan jika pasangan dengan jarak usia 1 tahun kemungkinan bercerai 3%, jarak 5 tahun risiko bercerai 185 dan jarak lebih dari 10 tahun berisiko cerai hingga 39%.

Perceraian sendiri juga bisa disebabkan oleh banyak hal lain mulai dari kasus perselingkuhan, ekonomi keluarga yang buruk, perbedaan pola pikir, pengaruh buruk dari luar dan masih banyak lagi.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓