Panduan Memberi Aturan Tentang Waktu Bermain Gadget Pada Anak

Annissa Wulan02 Jul 2019, 06:00 WIB
Gadget Anak

Fimela.com, Jakarta Saat ini, dengan adanya gadget, mengasuh anak menjadi satu tantangan tersendiri bagi orangtua, benar? American Academy of Pediatrics merekomendasikan batasan penggunaan gadget untuk anak adalah selama 1 jam sehari, terutama untuk anak berusia 2 sampai 5 tahun.

Untuk anak berusia di atas 6 tahun, batasi waktu penggunaan gadget dan hal-hal yang mereka saksikan secara konsisten, seperti dilansir dari huffpost.com, Selasa (2/7/2019). Namun, apakah aturan tersebut akan benar- benar berhasil?

1. Pengatur waktu dan jadwal

Kamu bisa menghitung mundur, misalnya dari 5 menit sebelumnya, atau katakan 3 menit lagi. Cara ini akan membantu mengurangi kecemasan.

Untuk memberi batasan waktu, gunakan timer yang ada di dalam rumah, seperti timer dapur dari microwave. Ketika timer berbunyi, itu saatnya bagi anak untuk menyimpan gadget mereka.

2. Cari hiburan lain

Ada banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk menghibur keluarga, terutama anak. Kamu bisa menyembunyikan gadget yang ada dan menyuruh anak untuk keluar rumah bermain sepeda bersama teman atau saudara mereka.

3. Matikan gadget sebelum tidur

Biasakan untuk berhenti atau mematikan semua gadget satu jam sebelum waktu tidur. Jika waktu tidur di rumahmu adalah jam setengah 7 malam, maka tidak ada pekerjaan apapun yang masih dilakukan 1 jam oleh siapapun, terutama oleh anak, sebelum waktu tersebut.

Tips membatasi penggunaan gadget pada anak

Gadget Anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

4. Memberi batasan dalam 1 minggu

Kamu bisa memilih membiarkan anak puas bermain gadget selama 1 minggu penuh, kemudian gunakan akhir pekan untuk dihabiskan bersama keluarga, atau sebaliknya. Beri batasan penggunaan gadget pada anak dalam seminggu, kemudian kamu bisa memberi kelonggaran di akhir pekan.

5. Menggunakan gadget hanya di perjalanan

Sebenarnya aturan ini cukup ekstrem, membiarkan anak menggunakan gadget hanya jika sedang dalam perjalanan. Selagi di rumah, batasi penggunaan gadget pada anak.

6. Berikan alternatif

Jika kamu memang benar-benar ingin membatasi penggunaan gadget pada anak, terutama ketika mereka berada di rumah, berikan mereka alternatif kegiatan lain untuk dilakukan. Misalnya, kamu bisa memberi mereka buku audio atau ajak mereka berjalan-jalan keluar rumah.

7. Fokuskan pada pendidikan

Gadget tidak selalu buruk, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk pendidikan anak. Kamu hanya perlu mengisi gadget dengan aplikasi pendidikan yang sekiranya bermanfaat dan dibutuhkan oleh anak.

Membatasi penggunaan gadget pada anak tergantung pada fleksibilitas yang ingin diraih

Gadget Anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sebenarnya tidak ada aturan baku tentang penggunaan gadget pada anak, semua tergantung keseimbangan dan fleksibilitas yang ingin kamu dapatkan di dalam keluarga. Pembatasan waktu memang penting, namun peranmu sebagai orangtua juga tak kalah penting. Selamat mencoba!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓