Cara Menyimpan Tahu Agar Awet dan Tahan Lama

Mimi Rohmitriasih28 Jun 2019, 13:31 WIB
Tahu

ringkasan

  • Thau merupakan bahan makanan yang disukai semua orang.
  • Tahu yang disimpan di lemari es bisa bertahan hingga 3 hari.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Tahu merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Tahu juga merupakan bahan makanan dengan harga terjangkau. Produk olahan kedelai ini juga sangat sehat sehingga digemari oleh hampir semua orang.

Mengingat tahu sebagai salah satu bahan makanan dengan tingkat kelembaban tinggi, tahu menjadi salah satu bahan makanan yang cepat basi atau menurun kualitasnya. Kita sangat perlu berhati-hati dalam menyimpan tahu. Tahu yang tak disimpan dengan baik, ini akan memudahkannya hancur, basi bahkan tak enak lagi buat dikonsumsi.

Berikut cara menyimpan tahu agar tahan lama dan tidak mudah basi.

Cara Menyimpan Tahu

Tahu
Ilustrasi/copyright shutterstock.com
  1. Beli tahu yang masih berkualitas baik. Pilihlah tahu yang masih fresh dan baru.
  2. Buang air yang tersisa di plastik atau wadah tempat tahu. Selanjutnya cuci tahu dengan air bersih. Sebaiknya tahu dicuci dengan air matang.Untuk tahu yang hendak disimpan dalam waktu cukup lama, kukus tahu terlebih dulu sebelum disimpan. Kukus tahu hingga benar-benar matang atau tanak.
  3. Angkat tahu yang telah dikukus, diamkan hingga benar-benar dingin.
  4. Masukkan tahu yang telah dingin ke wadah tertutup, simpan di lemari es.
  5. Tahu yang disimpan di lemari es bisa bertahan 2 sampai 3 hari. Namun jika ingin tahu lebih tahan lama, Sahabat Fimela bisa menyimpan tahu di lemari es bagian freezer setidaknya hingga 1 minggu.

Itulah cara menyimpan tahu agar awet dan tahan lama. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓