5 Tips Mengurangi Beban Kerja Pencernaan untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Endah Wijayanti06 Jul 2019, 16:45 WIB
buah dan sayur dimakan mentah

ringkasan

  • Minum Air Putih Hangat saat Bangun Pagi
  • Beri Jarak pada Setiap Waktu Makan
  • Jangan Makan Tergesa-gesa
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Sering merasa tubuh gampang letih? Atau makin sering merasakan nyeri tubuh? Coba kembali perhatikan pola makan dan sistem pencernaan kita. Bisa jadi ada yang perlu segera kita perbaiki dari kebiasaan makan kita sehari-hari.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi beban kerja pencernaan. Dalam buku Food Combining: Kombinasi Makanan Serasi, ada banyak tips yang bisa dicoba untuk meringankan beban kerja pencernaan tubuh kita. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Minum Air Putih Hangat saat Bangun Pagi

Kita bisa mengawali hari dengan minum air putih hangat. Bisa campur air hangat dengan sedikit air jeruk nipis atau lemon untuk melancarkan pencernaan. Lalu, pada saat makan jangan dibarengi dengan terlalu banyak minum. Segelas jus sayur bisa diminum 15 menit sebelum makan dan air putih bisa diminum 1 jam setelah makan. 

2. Beri Jarak pada Setiap Waktu Makan

Dibandingkan makan 1 kali dalam sehari dengan porsi besar, lebih baik makan 3-6 kali tapi dengan porsi kecil. Pertimbangkan keterbatasan daya tampung lambung kita. Biasakan makan pagi walau hanya dengan sepotong buah atau segelas jus segar. Beri jarak antara saat menyantap satu makanan ke makanan berikutnya. Hindari menu dengan lauk pauk berlebihan sebab tubuh tidak perlu banyak jenis makanan sekaligus.

 

3. Jangan Makan Tergesa-gesa

makan cepat
Makanlah perlahan./Copyright shutterstock.com

Jangan makan sambil berdiri dan tergesa-gesa. Duduklah dengan tenang, makanan perlu dikunyah sempurna, dan dinikmati dengan penuh rasa syukur. Selesai makan biasakan untuk menunggu sejenak sebelum berdiri untuk meninggalkan meja makan. Hindari makan makanan padat dan berat jika sedang stres, pikiran kacau, dan terburu-buru. Makanlah buah segar secukupnya untuk mengganjal perut bila waktu terlalu sempit.

4. Hindari Makanan yang Terlalu Panas atau Dingin

Makanan yang terlalu panas atau yang terlalu dingin sebaiknya dihindari. Kenapa? Temperatur yang terlalu berbeda dengan temperatur normal tubuh akan menurunkan enzim pencernaan. Ada baiknya untuk membiarkan makanan yang terlalu panas untuk agak dingin baru dikonsumsi, ya.

5. Hindari Menyantap Buah Sehabis Makan

Buah-buahan sebaiknya dikonsumsi sebelum makanan berat. Jangan menyantap buah sehabis makan karena bisa membuat kinerja sistem pencernaan lebih berat. Saat mengonsumsi buah-buahan, sebaiknya tidak dicampur dengan protein ataupun zat pati. 

Lima tips di atas bisa jadi panduan awal kita untuk membantu meringankan sistem pencernaan tubuh kita. Semoga bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓