Optimalkan Kecerdasan Anak, Penuhi Kebutuhan Proteinnya dengan Makan Ikan

fitriandiani26 Jul 2019, 14:00 WIB
Ikan Tilapia

Fimela.com, Jakarta Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kesehatan dan kecerdasan anak adalah gizi dari makanan yang dikonsumsinya. Keseimbangan nutrisi amat penting agar anak-anak dapat tumbuh optimal baik fisik maupun otaknya.

Dr. Dase Hunaefi, pakar bioteknologi makanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan, permasalahan gizi anak berhubungan dengan pola diet dan kebiasaan konsumsi. Anak-anak yang kekurangan gizi kebanyakan mengandalkan makanan yang mengandung karbohidrat saja sehingga mengalami KEP (kekurangan energi protein).

Untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, Dr. Dase mengatakan ikan adalah makanan yang cocok untuk diandalkan sebagai sumber protein. Sebab ikan mengandung asam lemak esensial dan protein yang tinggi.

Protein akan membantu meregenerasi sel dan untuk pertumbuhan sel anak. Adapun asam lemak esensial sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan sel otak anak. Kandungan mineral ikan sangat membantu fungsi faal tubuh agar bekerja dalam pertumbuhan dengan sangat baik, contohnya kalsium dan magnesium yang penting untuk tulang. Sedangkan vitamin yang ada dalam ikan sangat penting pemeliharaan kesehatan tubuh dan fungsi fungsi biokimia tubuh anak.

 

Ikan yang Bernutrisi Tinggi

Ikan Tilapia
Nutrisi ikan tilapia bagus untuk dukung pertumbuhan anak. (Foto: shutterstock.com)

Tak harus ikan laut, sebab ikan air tawar pun tak kalah bernutrisi asal diproduksi dengan jaminan kualitas tinggi, seperti contohnya; ikan tilapia dari Regal Springs Indonesia.

ikan air tawar seperti ikan tilapia, justru mengandung omega 3 dan omega 6 yang seimbang dan mencukupi kebutuhan gizi bagi anak anak. Menurut Dase, per sajian 100gram ikan tilapia menghasilkan 110 kkal. Kontribusi gizi ikan tilapia terhadap angka kecukupan gizi (AKG): Lemak dan Asam lemak esensial = 1% AKG; protein 34% AKG; karbohidrat 2% AKG; Natrium 2% AKG; Kalium = 7% AKG; Vitamin D 230 % AKG; dan Kalsium = 10% AKG.

“Ikan tilapia kami adalah hasil dari budidaya dan pengolahan yang telah memenuhi semua standar regulasi lokal, nasional dan internasional, serta standar sertifikasi teratas di dunia," tutur Yeri Afrizon, Head of Sales & Marketing, Regal Springs Indonesia. “Dalam rangka Hari Anak tahun ini, kami ingin berkontribusi pada upaya pemenuhan gizi anak-anak kita dengan menghadirkan bagi konsumen di Indonesia pilihan ikan air tawar yang sehat dan penuh gizi dan nutrisi, yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di Indonesia."

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓