Baik Single maupun Sudah Menikah, Perempuan Perlu Independen secara Finansial

Endah Wijayanti23 Jul 2019, 13:29 WIB
independen secara finansial

ringkasan

  • Lebih Percaya Diri dalam Mengambil Keputusan
  • Lebih Sigap Menghadapi Masalah Keuangan
  • Mengurangi Tekanan Hidup
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan berhak membuat pilihan terbaik dalam hidupnya. Apapun pilihan yang diambil selama bisa memberi kebaikan dan manfaat, kita bisa menjalani hidup kita dengan lebih berarti. Seperti pilihan untuk tetap bekerja dan memiliki penghasilan sendiri. Baik masih single maupun sudah menikah, kita bisa memilih untuk menjadi perempuan yang independen secara finansial.

Oke, mungkin setelah menikah kita bisa mengandalkan penghasilan suami untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Bila memang sama-sama sepakat menggunakan gaji suami saja sebagai sumber pemasukan utama, ya boleh saja. Kesepakatan dengan pasangan memang tergantung dari situasi dan kondisi yang ada. Di sisi lain, boleh juga kita tetap bekerja dan memiliki penghasilan sendiri. Menjadi perempuan independen secara finansial itu banyak sekali manfaatnya.

1. Lebih Percaya Diri dalam Mengambil Keputusan

Ingin memanfaatkan hari libur untuk pergi ke sebuah tempat baru dan melepas stres, kita bisa melakukannya dengan lebih mudah selama sudah menyisihkan sebagian penghasilan dalam tabungan khusus liburan. Mau mengajak saudara atau orangtua untuk liburan, mumpung ada rezeki kita pun bisa melakukannya. Itu tadi contoh yang bisa kita lakukan bila kita bisa independen secara finansial. Kita bisa menjadi lebih percaya diri dalam mengambil keputusan. Bisa memenuhi kebutuhan pribadi dan membantu memudahkan hidup orang lain dengan rezeki yang kita punya, ada kepuasan sendiri yang bisa didapatkan.

2. Lebih Sigap Menghadapi Masalah Keuangan

Saat memiliki penghasilan sendiri, mau tak mau kita harus bisa mengaturnya sebaik mungkin. Mengatur pemasukan dan pengeluaran sebaik mungkin agar semua kebutuhan terpenuhi. Memastikan punya investasi yang cukup atau tabungan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan di masa mendatang. Di sini kita terlatih untuk lebih melek soal keuangan. Bila ada masalah keuangan, kita tidak lagi gampang merasa panik. Kita bisa tetap tenang dan mencari solusi terbaik dengan lebih terukur.

 

 

3. Mengurangi Tekanan Hidup

edukasi uang pada anak
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Kita tak pernah tahu takdir kita akan seperti apa. Kita tak pernah tahu akan hal-hal tak terduga yang setiap saat bisa saja terjadi dalam hidup kita. Belum lagi dengan berbagai tuntutan yang seringkali harus dipenuhi pada saat itu juga. Dengan lebih independen secara finansial, kita setidaknya memiliki satu kelebihan yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi terdesak. Tidak selamanya kita bisa bergantung pada orang lain. Akan ada saat-saat tertentu di mana tekanan dan masalah hidup dapat diatasi dengan lebih mudah dengan kemandirian kita dalam hal finansial.

4. Bisa Memberi Lebih Banyak Manfaat untuk Sekitar

Masih sendiri atau sudah menikah, kita bisa memberi banyak manfaat pada sekitar kita dengan kemandirian kita secara finansial. Punya penghasilan sendiri, kita bisa berbagi pada orang lain dan membantu meringankan beban orang lain. Saat masih single, kita bisa membantu meringankan beban finansial orangtua. Saat sudah menikah pun kita bisa lebih mudah bekerjasama dengan suami mengatur keuangan. Punya penghasilan sendiri kita bisa memaksimalkan potensi yang kita miliki sekaligus membantu meringankan tanggung jawab memenuhi banyak kebutuhan.

Jadi, kenapa sih harus punya duit sendiri? Yang jelas ada banyak manfaat dan kelebihan yang bisa kita dapat. Kita perlu tetap bersyukur dengan semua rezeki dan penghasilan yang kita miliki agar bisa menjadi berkah untuk lebih banyak orang.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓