Ini Alasan Penting Kamu Perlu Mendengar Musik Saat Bekerja

Febi Anindya Kirana23 Jul 2019, 16:07 WIB
kesehatan

Fimela.com, Jakarta Bagi beberapa orang, mendengarkan musik saat bekerja bukanlah hal yang pantas dilakukan. Karena bagi beberapa orang, bekerja merupakan suatu kegiatan yang serius dan diperlukan konsentrasi tinggi sehingga untuk menyelesaikan tugas yang dikerjakan, perlu suasana tenang dan sepi.

Tapi nyatanya, penelitian menemukan bahwa mendengar musik saat bekerja mampu meningkatkan kreativitas otak. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied Cognitive Psychology, yang meneliti efek berbeda mendengarkan berbagai tipe musik dalam hal menyelesaikan masalah secara kreatif.

 

Manfaat Mendengar Musik saat Bekerja

Ilustrasi dengar musik
Musik sudah menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan generasi milenial. Jutaan lagu dari berbagai genre yang ada di seluruh dunia,

Penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE juga menemukan bahwa mendengarkan musik "bahagia" yang bisa diartikan sebagai musik dengan tone upbeat dan menyenangkan, ternyata mampu menstimulasi kinerja otak lebih cepat dan membantu orang menunjukkan performa lebih baik saat bekerja.

Bahkan mendengarkan musik bisa menurunkan kecemasan, melepaskan stres dan memperbaiki mood buruk. Lagipula, tak sedikit orang yang justru bisa lebih konsentrasi dan bekerja serius ketika mendengarkan musik. Tergantung tipe orangnya saja sih.

Jadi, masih berpikir kaku bahwa bekerja tak boleh mendengarkan musik? Coba ubah mindsetmu, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓