Bukti Penelitian, Makan Jamur Bisa Cegah Kanker Payudara!

Febi Anindya Kirana27 Jul 2019, 11:56 WIB
jamur

Fimela.com, Jakarta Orang selama ini makan jamur mungkin tak pernah berpikiran bahwa tumbuhan ini bisa memberi manfaat kesehatan yang luar biasa untuk tubuh, terutama bagi perempuan. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Western Australia menemukan bahwa jamur bisa mencegah kanker payudara secara efektif.

Peneliti yang melibatkan 2 ribu perempuan Tiongkok yang separuhnya pernah menderita kanker payudara ini melihat kebiasaan makan serta beberapa faktor pendukung kanker lainnya seperti kelebihan berat badan, kurang olahraga dan merokok.

Ternyata, penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer ini menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi paling tidak sepertiga ons jamur segar setiap hari (kurang lebih satu jamur per hari) memiliki risiko 64% lebih rendah terserang kanker payudara.

Manfaat Makan Jamur

Jamur
Ilustrasi/copyright pexels.com

Dalam studi, jamur kering punya efek kesehatan lebih rendah dibandingkan jamur segar, hanya mampu mengurangi risiko setengahnya dari jamur segar. Jadi jika ingin mengurangi risiko kanker payudara, sebaiknya makan jamur segar.

Penemuan yang lebih mengejutkan lagi, ketika perempuan menggabungkan makan jamur setiap hari dengan mengonsumsi teh hijau secara teratur ternyata manfaatnya lebih besar, dapat mengurangi risiko kanker payudara sebesar 89%.

Wah, jadi mulai sekarang jangan lagi memandang remeh jamur sebagi makanan ya ladies. Sahabat Fimela bisa mulai lebih sering makan jamur jika ingin mencegah kanker payudara sejak dini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓