Kesamaaan Ini Sering Dimiliki Pasangan Menikah Tapi Tak Pernah Disadari!

Febi Anindya Kirana31 Jul 2019, 14:07 WIB
pasangan cinta

Fimela.com, Jakarta Ketika memutuskan memilih pasangan yang akan hidup bersama seumur hidup, pasti banyak pertimbangan yang sudah kamu ambil, mulai dari visi misi yang sama hingga kecocokan karakter. Namun tak banyak yang tahu bahwa ada satu kesamaan antara pasangan menikah yang membuat seseorang memilih orang tertentu untuk dinikahi.

Sebuah penelitian baru yang dimuat dalam jurnal Heredity, menemukan bahwa kesamaan jangka waktu hidup ternyata menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang dalam memilih pasangan. Jangka waktu hidup atau rentang hidup yang serupa seringkali bisa dinilai dari gaya hidup yang sama.

Kesamaan Gaya Hidup

zodiak
ilustrasi pasangan/copyright Shutterstock

Peneliti dari University of Edinburgh melihat data dari 500 ribu lebih pasangan menikah dengan rentang usia 37-73 tahun di UK dan menemukan bahwa mayoritas pasangan yang memiliki risiko penyakit yang sama seperti tekanan darah tinggi atau jantung ternyata memiliki rentang usia yang juga hampir sama.

Penulis penelitian Albert Tenesa, sekaligus profesor Roslin Institute di University of Edinburgh mengatakan bahwa meski risiko penyakit yang sama ini tak terlihat ketika pasangan bertemu namun secara insting mereka memutuskan bersama. "Studi kami menunjukkan bahwa manusia cenderung memilih pasangan yang memiliki sifat dan perilaku fisik yang secara genetik sama dengan dirinya."

Inilah yang menjelaskan beberapa kasus di mana seorang istri yang meninggal disusul oleh kematian suaminya satu bulan kemudian, karena kemungkinan mereka saling memilih pasangan yang punya rentang usia hidup yang sama, Sahabat Fimela. 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓