Sukses

Lifestyle

Sering Merasa Kewalahan? Ini 14 Tips Mengatur Waktu yang Bisa Membantumu

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki masalahnya sendiri dengan waktu, entah selalu terburu-buru, entah terlalu santai, yang akhirnya membuat mereka merasa kewalahan. Apa kamu salah satunya?

Kewalahan mengatur waktu bisa menjadi salah satu penyebab stres. Dilansir dari marieclaire.co.uk, Selasa (6/8/2019), berikut ini adalah beberapa tips mengatur waktu yang mungkin bisa membantumu agar tidak merasa kewalahan lagi.

1. Membiarkannya

Ketika kamu sibuk, mudah untuk kehilangan prioritas dan merasa panik karena semua hal tampak mendesak. Nyatanya, hal-hal tersebut bisa menunggu dan membutuhkan perhatianmu untuk waktu yang singkat.

Kuncinya adalah visibilitas pada apa yang kamu hadapi. Tuliskan semua hal yang membuatmu merasa kewalahan, singkirkan beberapa, dan lakukan sisanya sesuai kepentingan.

2. Mencoba aturan satu hari

Manajemen waktu adalah tentang menyelesaikan hal-hal paling penting terlebih dahulu dalam jangka waktu yang realistis. Berpura-puralah bahwa kamu hanya memiliki waktu satu hari untuk menyelesaikan pekerjaan, jika ada yang tidak layak dilakukan, tinggalkan atau berikan kepada orang lain.

3. Jangan melakukan multitasking

Multitasking mengharuskanmu untuk memberi perhatian pada banyak hal. Jika kamu memang benar-benar perlu menyelesaikan sesuatu, fokuslah pada hal tersebut 100%, kamu akan menyelesaikan lebih banyak hal lebih cepat dan mendapatkan hasil yang lebih baik,

4. Jangan biarkan dirimu terganggu

Ketika bekerja, kamu seringkali terganggu dengan hal-hal di sekitar, seperti panggilan telepon, media sosial, atau email. Jika kamu benar-benar perlu menyelesaikan suatu pekerjaan, matikan telepon atau jangan buka email selama waktu tertentu, misalnya 30 menit atau 1 jam.

 

 

Membuat daftar dari hal-hal yang bisa diselesaikan dalam 10 menit

5. Buatlah daftar 10 menit

Setiap pagi, bagi hal-hal yang harus kamu kerjakan menjadi pekerjaan-pekerjaan yang lebih kecil, dan tuliskan. Jika sudah, usahakan untuk menyelesaikannya dalam waktu sekitar 10 menit.

6. Buat daftar hal-hal yang tidak akan dilakukan

Masukkan hal-hal yang biasanya mengalihkan perhatianmu dari pekerjaan yang seharusnya diselesaikan tepat waktu.

7. Jumat rapi

Usahakan untuk menyelesaikan semua pekerjaan di hari Jumat, sebelum kamu memasuki akhir pekan. Jumat sore adalah waktu yang tepat untuk memeriksa daftar tugas, pastikan bahwa segala al terorganisir dengan baik.

8. Bersikap realistis

Realistis terhadap apa yang bisa dan tidak bisa kamu lakukan. Kamu memiliki waktu yang terbatas dan harus memilah apa yang bisa dilakukan dengan baik.

9. Fokus pada 3 hal

Cobalah fokus pada 3 hal terpenting dalam daftar tugasmu. Pikirkan bagaimana kamu bisa menyelesaikannya dengan baik dan apa saja hal yang dibutuhkan untuk itu. Kuncinya adalah untuk menjadi produktif, bukan berpura-pura sibuk.

Belajar untuk mengatakan tidak

10. Belajar untuk mengatakan tidak

Manajemen waktu juga seharusnya membuatmu bekerja lebih efisien, sehingga penting untuk tidak terlalu banyak berkomitmen. Jika kamu tidak mampu melakukan suatu hal, sebaiknya berikan kepada orang lain yang bisa mengerjakannya dengan lebih baik.

11. Mempersiapkan segala hal pada malam sebelumnya

Kamu akan menjadi stres jika bangun dengan terburu-buru. Cobalah mempersiapkan segala hal yang diperlukan pada malam sebelumnya, ini akan menghemat banyak waktumu di kemudian hari.

12. Berinvestasi pada perencanaan

Hampir semua hal yang berkaitan dengan manajemen waktu adalah tentang perencanaan. Kamu bisa menuliskannya di buku atau di aplikasi tertentu.

13. Membuat rencana untuk seminggu ke depan

Buatlah rencana di Minggu malam atau Senin pagi tentang bagaimana kamu akan menghabiskan minggu itu. Cara ini akan memberimu gambaran tentang hal-hal yang harus dicapai.

14. Bangun pagi

Bangun lebih awal atau bangun pagi akan memberimu sedikit waktu lebih banyak untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan. Sudah pernah coba cara yang mana?

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading