Cara Membersihkan Daging Babat agar Tidak Hitam

Endah Wijayanti06 Agu 2019, 11:45 WIB
Diperbarui 06 Agu 2019, 11:45 WIB
cara membersihkan babat

Fimela.com, Jakarta Daging babat bisa diolah jadi berbagai menu dan hidangan lezat. Hanya saja membersihkannya memang jadi tantangan tersendiri. Warna alami babat yang hitam sebenarnya tidak terlalu masalah, tapi bila babat bisa dibersihkan sampai lebih putih pastinya akan tampak lebih cantik dan menggugah selera saat diolah.

Agar daging babat sapi atau babat kambing bisa lebih bersih, ada tips-tips yang bisa dicoba. Selengkapnya, langsung saja simak detilnya di sini, ya.

Daging Babat Direndam Air Kapur

Siapkan air kapur secukupnya sampai bisa digunakan untuk merendam daging babat sampai tenggelam. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, daging babat bisa dibersihkan dengan menggunakan tangan. Agar hasilnya bisa putih bersih, kerok permukaan daging babat dengan sendok dapur atau pisau yang agak tumpul.

Bila daging babat masih bau amis, kita bisa merendamnya dengan air perasan jeruk nipis atau belimbing wuluh. Diamkan beberapa saat, lalu cuci bersih. Setelah itu, rebus dengan air mendidih sebentar, kemudian cuci pakai air dingin. Daging babat bisa lanjut diolah dengan aneka bumbu untuk membuat hidangan atau menu favorit.

Daging Babat Dilumuri dengan Garam

Untuk mengangkat kotoran di sela-sela daging babat, kita bisa menggunakan garam. Lumuri daging babat dengan garam secara merata. Lalu gosok dengan sikat. Kemudian, bilas dengan cuka. Lakukan lebih dari satu kali untuk memastikan babat bisa benar-benar bersih. Disarankan menggunakan air mengalir setiap kali membilas daging babat agar kotorannya bisa terbuang sempurna.

Semoga tips-tips di atas bisa memudahkanmu membersihkan daging babat agar tidak hitam. Selamat mencoba!

 

#GrowFearless with FIMELA