Gunakan Ponsel Berjam-jam Setiap Hari Bikin Tubuh Obesitas

Febi Anindya Kirana10 Agu 2019, 15:10 WIB
ponsel

Fimela.com, Jakarta Ponsel memang menjadi alat komunikasi yang dibutuhkan siapa saja saat ini. Sepertinya sudah bukan hal baru lagi jika orang sering kecanduan main handphone, mengecek social media berjam-jam per harinya bahkan hingga mengabaikan interaksi sosial di dunia nyata.

Namun sekali lagi, orang juga perlu diingatkan lagi bahwa ada bahaya mengintai kesehatan jika terus-terusan memegang ponsel seharian. Sebuah penelitian yang dilakukan di American College of Cardiology menemukan bahwa orang yang memakai ponsel lebih dari 5 jam per hari memiliki risiko tinggi mengalami obesitas.

Peneliti melakukan analisis terhadap para mahasiswa yang menggunakan ponselnya selama lima jam atau lebih per harinya dan menemukan bahwa mereka mengalami peningkatan risiko obesitas sebesar 43% dibanding mahasiswa yang menghabiskan waktunya tanpa ponsel.

Gunakan Ponsel Berjam-Jam Tingkatkan Risiko Obesitas

bahaya sering main ponsel
Photo by Charles 🇵🇭 on Unsplash

Hal ini dipicu oleh kurangnya aktivitas fisik yang mereka lakukan. Ketika memegang ponsel, orang cenderung diam di satu tempat, entah itu duduk atau tiduran. Kurangnya aktivitas fisik inilah yang kemudian memicu penumpukan lemak tubuh dan risiko obesitas.

Penelitian yang dipresentasikan dalam ACC Latin America Conference 2019 juga menunjukkan bahwa bukan hanya risiko obesitas saja yang mengancam orang yang sering main ponsel, tapi juga risiko penyakit jantung yang lebih besar. Karena kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan akan melemahkan kesehatan jantung.

Jadi, mulai sekarang jangan keseringan main ponsel berjam-jam seharian Sahabat Fimela, apalagi jika kamu tak ingin punya tubuh gemuk.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓