Kebebasan Merawat Wajah demi Kenyamanan Diri, 4 Alasan Pentingnya Self-Care

Endah Wijayanti14 Agu 2019, 07:15 WIB
merawat wajah

ringkasan

  • Menghadirkan Perasaan yang Lebih Nyaman
  • Mengatasi Stres
  • Meningkatkan Semangat
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Merawat kulit wajah dan mempercantik wajah dengan riasan tak semata-mata dilakukan untuk mendapat pujian orang lain. Lebih dari itu, merawat wajah merupakan bentuk kepedulian terhadap diri sendiri. Bahkan merupakan bentuk dari upaya kita untuk menciptakan kenyamanan pada diri.

Self-care atau perawatan diri juga tidak selalu hal tindakan yang egois. Bahkan perawatan diri itu memiliki banyak sekali manfaat. Merawat wajah dan menjaga kesehatan kulit juga merupakan hak kita. Kita bisa melakukan berbagai hal untuk merawat kesehatan kulit wajah dan merawat diri selama tidak menimbulkan efek buruk atau dampak negatif.

1. Menghadirkan Perasaan yang Lebih Nyaman

Dilansir dari verywellmind.com, self-care bisa memengaruhi kesehatan emosi kita. Memiliki tubuh yang terawat bisa membuat kita merasa nyaman terhadap diri sendiri dan juga kehidupan kita. Hal ini juga mencerminkan bahwa kita menghargai diri kita. Saat kita sendiri sudah merasa nyaman dengan diri kita, maka kita bisa lebih mudah membuat orang lain di sekitar kita lebih nyaman. Perasaan positif yang kita rasakan bisa dengan mudah ditularkan pada orang lain di sekitar kita.

2. Mengatasi Stres

Bisa meluangkan waktu merawat kesehatan kulit wajah sangat membantu kita untuk mengurangi stres yang kita rasakan. Ada efek relaksasi tersendiri yang bisa kita peroleh saat kita merawat diri. Dapat meluangkan waktu sendiri mempercantik diri pun menjadi semacam terapi yang dapat membantu kita berpikir dengan lebih jernih.

 

3. Meningkatkan Semangat

Tips Cantik
Ilustrasi./copyright shutterstock

Mood yang tadinya berantakan bisa teratasi dengan melakukan sedikit perubahan pada wajah. Mungkin sebagian besar dari kita pernah merasakannya sendiri. Saat mood sedang buruk, mengoleskan lipstik favorit di bibir bisa jadi mood booster yang efektif. Wajah yang tadinya tampak pucat bisa terlihat cerah seketika dengan polesan warna favorit kita. Hal ini pun akan menjadi suntikan semangat kita. Beraktivitas jadi lebih berenergi.

4. Meningkatkan Rasa Bersyukur

Kita berusaha merawat kulit wajah kita karena kita menghargainya sebagai bagian yang terpisahkan dari diri kita. Dari sini kita bisa belajar untuk lebih mensyukuri semua yang sudah kita miliki. Menjaga dan merawat kesehatan kulit menjadi salah satu bentuk rasa syukur kita. Hal ini pun dapat meningkatkan kemampuan untuk lebih menghargai orang lain. Karena kita bisa menghargai diri kita, kita pun akan lebih terdorong untuk menghargai orang lain.

Masing-masing dari kita punya cara dan kebiasaan dalam merawat diri serta merawat wajah. Kita pun punya kebebasan memilih cara apa untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, sepenting apa sih merawat kulit dan kecantikan wajah itu?

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓