Kenapa Cinta Pertama Susah Dilupakan? Ini Alasannya

Mimi Rohmitriasih21 Agu 2019, 18:15 WIB
Galau

Fimela.com, Jakarta Hal-hal pertama dalam hidup umumnya akan selalu berkesan dan susah dilupakan. Hal ini termasuk cinta pertama.

Diakui atau pun tidak, banyak orang yang merasa kesulitan melupakan cinta pertamanya. Meski telah hidup berbahagia dengan pasangan baru atau orang lain, seseorang yang pernah mengisi hati dan menjadi cinta pertama tak akan bisa dilupakan dengan mudah begitu saja.

Melansir dari laman klikdokter.com, bukan tanpa alasan kenapa seseorang bisa selalu ingat pada cinta pertamanya. Otak yang dipaksa untuk melupakan seseorang atau suatu hal, justru akan membuat otak tersebut semakin ingat pada apa yang hendak dilupakan. Semakin kita memaksa hati dan otak untuk melupakan suatu hal termasuk cinta pertama, itu justru akan membuat kita semakin ingat pada cinta pertama dan terbawa perasaan.

Alasan Cinta Pertama Sulit Dilupakan

Galau
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ketika jatuh cinta untuk pertama kalinya, seseorang akan begitu antusias mencari tahu bagaimana pribadi yang dicintainya. Perasaan cinta yang pertama kali tumbuh di hati ini juga akan memberikan kesan tersendiri dalam otak serta hati seseorang. Kesan pertama ini bahkan akan tersimpan di area sensorik otak dengan sangat baik.

Saat mencium aroma wangi tertentu, melihat sesuatu dan mendengar nada bicara juga musik, pasalnya ini bisa mengingatkan seseorang pada mantan cinta pertama. Ini adalah hal yang wajar karena saraf penciuman, penglihatan dan pendengaran sangat dekat dengan amigdala. Amigdala adalah organ kecil di otak yang berfungsi mengatur ingatan seseorang berkaitan dengan emosi, rasa cinta, rasa takut bahkan sedih.

Cinta pertama biasanya dialami oleh remaja yang mengalami perubahan hormon secara signifikan. Segala hal yang terjadi ketika hormon di tubuh berubah secara signifikan ini biasanya akan lebih berkesan dan mudah diingat. Termasuk kejadian yang berhubungan dengan cinta pertama.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓