6 Tips Self Care untuk Kesehatan Jiwa, Pernah Coba?

Annissa Wulan24 Agu 2019, 17:00 WIB
[Fimela] Meditasi

Fimela.com, Jakarta Ketika bicara tentang self care, jenis perawatan ini tidak hanya bisa dilakukan untuk kesehatan tubuh saja, namun juga jiwa. Self care untuk kesehatan jiwa sifatnya lebih pribadi untuk mendapatkan ketenangan yang berpengaruh terhadap hal-hal lain dalam hidupmu.

Jika kamu sudah terbiasa melakukan self care, ini akan membantu memperdalam hubunganmu dengan diri sendiri. Dilansir dari yourtango.com, Jumat (23/8/2019), berikut ini adalah beberapa tips melakukan self care untuk kesehatan jiwa, pernah mencoba sebelumnya?

1. Self care dapat meningkatkan kesejahteraan pikiran dan tubuh

Jiwamu terhubung dengan segala hal. Ketika kamu terbiasa melakukan self care, dengan meditasi yang menenangkan, cara ini dapat membawa ketenangan bagi tubuh dan pikiran.

2. Memberi arti bagi hidup

Jika terjadi sesuatu yang besar dalam kehidupanmu, kesejahteraan jiwa akan memberimu arahan. Ya, momen yang mengubah hidup seringkali membuatmu bertanya-tanya, sehingga self care untuk kesehatan jiwa akan membantumu untuk menemukan dan menghubungkanmu dengan solusi dari sesuatu yang lebih besar dari dirimu sendiri.

 

 

Menemukan tujuan hidup dan menyelaraskannya

[Fimela] Meditasi
Ilustrasi Meditasi | unsplash.com

3. Membantu menemukan tujuan hidup

Merasa kehidupan tidak menggairahkan atau kurang menyenangkan? Mungkin sudah saatnya untuk perubahan.

Berhubungan dengan siapa dirimu sebenarnya, mengetahui apa yang kamu hargai dan apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidup adalah hasil dari self care untuk kesehatan jiwa. Mulailah dengan banyak bersyukur.

4. Menyelaraskanmu dengan nilai-nilai hidupmu sendiri

Berpatokan pada nilai-nilai dalam hidupmu akan membantumu membuat pilihan dan mengambil keputusan. Nilai-nilai ini penting karena merupakan dasar bagi apa yang ingin kamu bangun.

Memperlihatkan visi dan memberi energi untuk bertindak

Ilustrasi orang bahagia
Ilustrasi orang bahagia. Sumber foto: unsplash.com/Brooke Cagle.

5. Mempermudah mencapai visi

Self care untuk kesehatan jiwa akan membantu memperjelas visi di masa depan, membantumu menjadi lebih tenang karena munculnya kepercayaan terhadap hal-hal besar di luar diri sendiri.

6. Memberi energi untuk bertindak

Ketika kamu sudah bisa melihat visi untuk masa depan, maka kamu akan terdorong untuk mengambil langkah-langkah untuk membuat visi tersebut menjadi kenyataan. Ini akan mengembangkan gairah dan tujuan hidupmu. Sudahkah kamu melakukan self care untuk kesehatan jiwa?

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓