Bahagia Itu Sederhana Menurut Studi, Cukup Lihat Foto Orang yang Dicintai

Febi Anindya Kirana03 Sep 2019, 14:15 WIB
foto pasangan

ringkasan

  • Saat seseorang melihat foto yang disayang maka tubuh otomatis mengeluarkan senyawa dopamin
  • Melihat foto seseorang yang disayang akan mengurangi rasa sakit
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Cinta memang menjadi perasaan yang punya banyak efek pada tubuh, baik secara fisik maupun mental. Perasaan ini juga yang membuat kehidupan setiap orang berbeda. Mencintai seseorang menjadi salah satu hal yang romantis dan membahagiakan, dan ini bukanlah mitos. Secara ilmiah, 'cinta membuat orang bahagia' ternyata bisa dibuktikan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience menemukan, ketika seseorang melihat foto wajah pasangan atau orang yang dicintainya, secara alami otak akan melepaskan senyawa dopamin yang membuatnya merasa senang atau bahagia.

Melihat Foto Pasangan Membuat Bahagia

foto pasangan
Photo by Kirill Sharkovski on Unsplash

Ketika melihat wajah orang yang dicintai, mata akan mengirimkan impuls pada otak untuk mengenali dan menemukan memori apa saja bersama pemilik wajah tersebut. Uniknya, ada bagian otak yang bernama amigdala yang akan merespon secara aktif menunjukkan emosi rasa cinta.

Sebuah penelitian lain juga menunjukkan penemuan yang hampir sama. Dimuat dalam jurnal PLOS ONE dengan judul 'Viewing Pictures of a Romantic Partner Reduces Experimental Pain', menemukan bahwa hanya dengan melihat foto orang yang disukai, ternyata mampu menghilangkan rasa sakit di tubuh, atau berfungsi sebagai painkiller.

Jadi, cinta memang bisa membuat orang bahagia bahkan jika hanya dengan melihat fotonya saja.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓