Konsumsi Sayur dan Buah Rutin Bisa Meningkatkan Kesuburan

Mimi Rohmitriasih03 Sep 2019, 14:08 WIB
Nutrisi perempuan

Fimela.com, Jakarta Sayur dan buah menjadi bahan makanan yang mengandung berbagai nutrisi dan vitamin terbaik untuk tubuh. Sayur dan buah juga menjadi salah satu bahan makanan yang kaya antioksidan sehingga mencegah munculnya risiko penyakit mematikan seperti kanker, jantung serta diabetes.

Melansir dari laman WebMD.com, sayur dan buah juga dipercaya sebagai bahan makanan yang bisa meningkatkan kesuburan perempuan. Bagi Sahabat Fimela dan suami yang sedang menjalankan program kehamilan, pastikan untuk mengonsumsi sayur dan buah cukup setiap harinya.

Beragam Sayur dan Buah Meningkatkan Kesuburan

Penyubur ASI
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Penelitian yang dilakukan para ahli menemukan ada beragam buah dan sayur yang bisa meningkatkan kesuburan. Peneliti di Harvard School of Public Health menemukan jika sayuran seperti bayam, brokoli, sawi, kecambah, oyong dan sayur hijau gelap lainnya baik dalam meningkatkan kesuburan.

Sayuran hijau mengandung folat dan vitamin B yang bisa meningkatkan ovulasi. Penelitian yang dilakukan para ahli di University of California Bekerley’s Public School of Health menemukan jika perempuan dan pria yang rutin konsumsi sayuran hijau mengalami peningkatan kesuburan. Pria yang rutin konsumsi sayur juga mengalami penurunan jumlah sel sperma abnormal sebanyak 20% sehingga membuatnya lebih mungkin membuat istrinya hamil.

Buah seperti jeruk, jeruk bali, dan jeruk lainnya serta buah berry juga dipercaya bisa meningkatkan kesuburan. Vitamin C yang terkandung di dalam buah ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mendukung kesuburan semakin baik.

Jika ingin meningkatkan kesuburan, pastikan untuk konsumsi sayur dan buah cukup setiap harinya. Konsumsi juga susu, kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan untuk meningkatkan kesuburan.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓