Amankah Menyimpan Sayur di Freezer? Ini Faktanya

Febi Anindya Kirana07 Sep 2019, 13:20 WIB
sayuran rebus

Fimela.com, Jakarta Sayur dan beberapa buah memang akan lebih tahan lama jika disimpan di dalam lemari es karena suhu yang rendah mampu memertahankan tingkat kesegaran sayuran dan buah. Meski bertahan di suhu dingin tapi bukan berarti sayuran dan buah bisa disimpan dalam freezer hingga beku, karena seringkali tekstur dan warna sayuran akan berubah.

Meski demikian bukan berarti tidak ada sayuran yang sama sekali tidak bisa disimpan di freezer. Beberapa sayuran terbukti bisa disimpan di freezer untuk menjaganya tetap awet, dengan catatan sudah cukup matang dan dimasak sebentar (blanching).

Cara Menyimpan Sayur di Freezer

proses blanching
Photo by Hessam Hojati on Unsplash

Sayur dan buah yang belum matang akan sulit matang jika langsung disimpan untuk dibekukan, seperti misalnya alpukat dan pisang. Beberapa buah yang bisa disimpan dalam keadaan seperti misalnya wortel, kale, brokoli, bawang putih dan bawang bombay. Jangan menyimpan sayuran yang biasa dimakan mentah, seperti selada, kemangi dan mentimun ke dalam freezer.

Hampir semua sayuran keluarga brokoli, buncis, wortel, asparagus, dan lainnya bisa disimpan di freezer setelah direbus sebentar atau dimasak dengan teknik blanching, seperti dilansir dari Healthline. Setelah air mendidih, masukkan sayuran yang sudah dibersihkan.

Jangan direbus terlalu lama, cukup maksimal 1 menit dan angkat. Kemudian rendam di dalam air es untuk menghentikan prose pemasakannya. Setelah itu sayuran bisa dibungkus dalam wadah tertutup dan disimpan di freezer dalam waktu lama.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓