5 Manfaat Kesehatan Makan Pisang yang Terlalu Matang Tak Bisa Diremehkan

Febi Anindya Kirana07 Sep 2019, 17:10 WIB
pisang terlalu matang

Fimela.com, Jakarta Banyak orang mungkin berpikir bahwa pisang yang sudah terlalu matang sebaiknya tidak dimakan atau dibuang saja karena mengira nutrisinya sudah banyak hilang. Namun ini anggapan yang salah, karena sebenarnya justru banyak manfaat makan pisang yang terlalu matang.

1. Mencegah dan memperlambat kerusakan sel

Pisang tetap mengandung antioksidan tinggi meskipun sudah sangat matang. Namun justru di kondisi inilah kemampuan pisang lebih besar dalam mencegah dan memperlambat kerusakan sel sehingga dapat menjaga tubuh dari penuaan.

2. Obat anti konstipasi

Jika ingin pencernan lancar karena susah buang air besar, serat pisang yang terlalu matang justru ramah di usus sehingga mampu melancarkan pencernaan. Kandungan gula dan serat karbohidratnya yang tinggi membantu mendorong kotoran keluar.

3. Mengurangi rasa sakit maag dan asam lambung

pisang terlalu matang
Photo by Boudewijn Huysmans on Unsplash

Jika punya masalah lambung, entah itu maag atau asam lambung tinggi, makan pisang bisa menjadi cara meredakan rasa sakitnya yang melilit. Kandungan gula alaminya akan menetralkan asam lambung.

4. Menjaga kesehatan kardiovaskuler

Secara umum pisang memang mampu mengurangi kolesterol dan menjaga kadar gula darah tubuh, dan manfaat ini tidak hilang meski pisang menjadi terlalu matang. Kandungan serat, kalium, dan beberapa mineral di dalam pisang tetap bisa menjaga kesehatan jantung.

5. Mencegah kanker

Pisang yang terlalu matang bisa dimakan bersama kulitnya, karena kemampuannya yang tak teduga dalam mencegah kanker. Kulit pisang yang sudah menghitam akan menciptakan Tumor Necrosis Factor (TNF), yaitu komponen yang dapat membunuh sel-sel abnormal dan kanker.

Jadi, jangan remehkan pisang yang terlalu matang dan terlihat tak layak makan ya, karena ternyata punya manfaat kesehatan yang besar.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓