4 Cara Tetap Sehat Bekerja di Startup

Anisha Saktian Putri08 Sep 2019, 18:21 WIB
Diperbarui 08 Sep 2019, 18:21 WIB
Perempuan Bekerja

Fimela.com, Jakarta Bekerja di perusahaan rintisan atau startup kini semakin dilirik generasi millennial. Baik untuk mengembangkan jenjang karier maupun mendapatkan pengalaman yang lebih menantang.

Mengingat perubahan yang terjadi di era digital menuntut perusahaan startup, yang umumnya bergerak di bidang teknologi dan informasi, untuk terus berinovasi. Hingga akhir Februari 2019, tercatat sudah ada lebih dari 2.000 startup di Indonesia. Menjelma menjadi pilihan tempat bekerja bagi millennial untuk mengeksplorasi kemampuan, meniti karier serta berinovasi, demi menghadirkan solusi bagi tantangan-tantangan yang terjadi di tengah masyarakat.

Sebagai contoh, Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia yang terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem, telah menjadi tempat berkarya bagi lebih dari 4.300 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia, ed.) yang berasal dari berbagai latar belakang.

“Di sini kami selalu didorong untuk menciptakan inovasi dengan cepat dan tepat agar selalu relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, khususnya pengguna. Budaya seperti inilah yang membuat pentingnya work-life balance dalam kehidupan Nakama,” ujar Recruitment and Employer Branding Senior Lead Tokopedia, Fitri Naviati.

Tetap sehat saat bekerja

Perempuan
Ilustrasi perempuan bekerja/copyright shutterstock

Dalam rangka merayakan Hari Olahraga Nasional yang akan jatuh pada 9 September 2019 mendatang, berikut adalah berbagai fasilitas yang bisa dinikmati pekerja startup untuk mempertahankan work-life balance:

1. Gym Room

Berolahraga sebelum memulai aktivitas sehari-hari di tempat kerja bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat dan semangat. Demi mempermudah Nakama untuk tetap menjaga kesehatan fisiknya sebelum memulai harinya, startup menyediakan fasilitas Gym Room yang dilengkapi dengan berbagai peralatan kebugaran seperti treadmill, bench press, alat beban dan masih banyak lainnya.

2. Nakama Club

Banyak macam kegiatan menyenangkan yang bisa diikuti Nakama melalui berbagai kelas atau komunitas, seperti futsal, bulutangkis, basket, renang, yoga, zumba, dan masih banyak lagi. Nakama Club ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat para Nakama agar mendapatkan keterampilan tambahan. Selain itu, kolaborasi antar sesama Nakama yang terjadi saat mengikuti Nakama Club dapat mempererat relasi satu sama lain.

3. Game Room

Game Room juga menjadi fasilitas yang digunakan Nakama untuk bersantai dan menikmati waktu di sela-sela jam istirahat. Melalui Game Room ini, para Nakama dapat membangun relasi antar sesama dengan berbagai permainan, seperti pingpong, biliar, basket, balap mobil, hingga dance machine.

4. Nakama Sports Competition

(Nakama Cup, Nakama e-Sports) Nakama Cup adalah kompetisi olahraga internal untuk semua Nakama di Tokopedia. Nakama Cup bertujuan untuk lebih membangun kerja tim dan kolaborasi di antara Nakama melalui olahraga. Sedangkan Nakama eSport Competition merupakan salah satu kompetisi game yang dihadirkan Tokopedia bagi para Nakama yang memiliki keterampilan dalam bermain game. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓