Hindari Kesalahan Sepele yang Bikin Tidur Kurang Nyenyak

Karla Farhana10 Sep 2019, 20:00 WIB
[Fimela] Tidur tidak nyenyak

Fimela.com, Jakarta Tidur merupakan aktivitas terpenting bagi tubuh. Selama tidur, sel-sel mati dalam tubuh diperbaharui. Namun, dilansir dari Self.com, tidak semua orang memiliki jumlah jam tidur yang cukup. Terlebih lagi, kualitas tidur pun kadang berkurang. 

Ini mengakibatkan berbagai hal. Mulai dai mimpi buruk, tubuh yang tidak beristirahat dengan optimal, kurang tidur, timbulnya beberapa penyakit serius. 

Penyebab gangguan tidur sebenarnya beragam. Tergantung dari kondisi orang tersebut. Namun, salah satunya bisa saja stres. Meskipun penyebab ini sifatnya sementara, tetap saja harus diatasi dengan cara-cara yang efektif.

Namun, ternyata kebiasaan buruk juga bisa menyebabkan gangguan tidur. Meskipun spele dan banyak yang melakukannya, sebaiknya Sahabat Fimela menghindari kesalahan-kesalahan spele berikut ini yang jadi penyebab gangguan tidur. 

Watu Tidur Tidak Tetap

Hindari Begadang, Ini 9 Manfaat Baik Menjaga Kualitas Tidur
Ilustrasi tidur. Sumber foto: unsplash.com/Kinga Cichewicz.

Ternyata, salah satu kesalahan yang bikin kamu sulit tidur nyenyak adalah irregular bed time. Tubuhmu ini seperti sistem yang bisa diatur. Juga akan menjalani aktivitas rutin dengan sendirinya. 

Ketika kamu kerap mengubah jam tidur, misalnya malam ini tidur laur, besok justru baru tidur menjelang pagi, atau seminggu kemudian kamu mulai tidur lebih awal, akan menggangu 'jam tubuh.' Sehingga tidak terbentuk rutinitas untuk beristirahat dengan baik. 

Distraksi Gadget

Kesehatan memburuk akibat menggunakan gadget sebelum mata terpejam tentu sudah menjadi rahasia umum. Namun, meski kamu sudah mengurangi 'main hape' sebelum tidur dan meletakkannya di sampingmu, juga tetap saja akan mengganggu tidur. 

Pasalnya, notifikasi email, dering atau getar telepon masuk, serta notifikasi ponsel lainnya mengganggu kualitas tidur. Bisa saja sih, diatur menjadi mode getar, namun getarnya juga akan mengusik tidur. 

Cara terakhir adalah dengan menaruh ponsel di tempat yang agak jauh dari tempat tidur, atau matikan ponsel. Karena, nyala layar ponsel meski tidak bersuara juga termasuk distraksi yang cukup serius pada kualitas tidur dan kesehatanmu. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓