Minum Cokelat Panas Bantu Cegah Kerusakan Sel Otak Karena Stroke

Febi Anindya Kirana10 Sep 2019, 15:15 WIB
cokelat panas

ringkasan

  • Cokelat hitam bernama epicatechin mampu mengurangi kerusakan pada sel-sel otak setelah stroke
  • Senyawa di dalam cokelat hitam (dark chocolate) dapat melindungi otak dari kerusakan setelah stroke
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Selama ini orang minum cokelat panas tanpa tahu banyak tentang manfaat kesehatan yang dikandungnya. Mulai dari melepaskan stres hinggga mencegah kanker, ternyata ada manfaat menakjubkan lain dari minum cokelat panas, yaitu menjaga kesehatan otak secara umum dan mencegah kerusakan sel otak setelah serangan stroke.

Para peneliti asal Johns Hopkins University menemukan bahwa senyawa di dalam cokelat hitam (dark chocolate) dapat melindungi otak dari kerusakan setelah stroke dengan cara meningkatkan sinyal sel-sel otak yang berfungsi melindungi sel-sel saraf dari kerusakan.

Manfaat Kesehatan Cokelat Panas

cokelat
ilustrasi cokelat hangat/Photo by Giancarlo Duarte on Unsplash

Semua orang tentu tak mau mengalami serangan jantung atau stroke. Namun ada kalanya beberapa orang mengalaminya dan harus mengalami banyak perubahan, terutama cara berpikir. Meski organ utama yang diserang adalah jantung, namun stroke sangat berhubungan erat pada kesehatan otak, karena stroke menghambat asupan oksigen yang dibawa darah ke otak dan mengganggu saraf dalam waktu tertentu.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cerebral Blood Flow and Metabolism ini menemukan bahwa komponen cokelat hitam bernama epicatechin mampu mengurangi kerusakan pada sel-sel otak setelah stroke. Hal ini diujicobakan pada tikus yang mengalami stroke, dan tikus yang diberi asupan epicatechin dalam rentang waktu maksimal 3 jam setelah stroke mengalami kerusakan otak yang tidak parah dibandingkan tikus yang tidak diberi asupan senyawa ini sama sekali.

Jadi, ketika menikmati cokelat panas saat ini, ingat bahwa cokelat panas juga bisa menjaga kesehatan otak.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓