Mengapa Kurang Tidur Bisa Bikin Gemuk? Ini Alasan Ilmiahnya

Febi Anindya Kirana12 Sep 2019, 10:15 WIB
tidur

Fimela.com, Jakarta Lebih baik kamu perbaiki jam tidurmu yang kacau mulai sekarang, ladies. Karena percaya atau tidak, sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa kurang tidur hanya akan menaikkan angka timbangan alias berat baan.

Salah stau penelitian yang dilakukan tahun 2016 dan diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menjelaskan bahwa jika ingin menjaga berat badan, maka tidurlah yang cukup, karena kurang tidur akan merusak metabolisme dan membuatmu terpicu makan lebih banyak sebagai cara mengalihkan rasa kantuk dan perasaan yang sensitif.

Kurang Tidur Bikin Gemuk

Hindari Begadang, Ini 9 Manfaat Baik Menjaga Kualitas Tidur
Ilustrasi tidur. Sumber foto: unsplash.com/Kinga Cichewicz.

Kurang tidur secara alami akan mengganggu sistem biologis tubuh, seperti menurunkan produktivitas karena energi kurang, membuat perasaan lebih mudah tersinggung karena stres dalam tubuh tidak terlepaskan, dan membuat tubuh mengantuk sepanjang hari.

Penelitian lain dari King’s College of London dan Vrije University of Amsterdam menghubungkan konsumsi kalori berlebihan dengan dengan kurangnya waktu tidur. Berdasarkan analisis, orang cenderung menjadikan makanan sebagai pelarian ketika kurang tidur.

Jadi, jika tak ingin gemuk, perbaiki waktu tidurmu mulai sekarang, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓