Rencana Pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata Hari Ini

Adinda Tri Wardhani12 Sep 2019, 09:18 WIB
[Fimela] BJ. Habibie

Fimela.com, Jakarta Kepergian Presiden ke-3 Republik Indonesia pada usia 83 tahun meninggalkan duka yang mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia. BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB, pada hari Rabu 11 September 2019 di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Menurut informasi yang disadur dari Liputan6.com, Bacharuddin Jusuf Habibie akan dimakamkan hari ini di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Kamis (12/9/2019).

Rencananya, upacara penyerahan jenazah BJ Habibie dari pihak Keluarga kepada Pemerintah akan dilakukan pada pukul 12.30 di rumah duka Jl. Patra Kuningan XIII/3 Jakarta Selatan.

Kemudian, jenazah BJ Habibie akan diberangkatkan dari rumah duka menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan pada pukul 13.00.

Prosesi upacara pemakaman sendiri akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo pada pukul 13.30.

 

"13.30 prosesi upacara pemakaman jenazah di TMP Kalibata," kata Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, dalam keterangannya, Kamis (12/9/2019). 

 

 

Rencana Pemakaman BJ Habibie

6 Potret Kebersamaan BJ Habibie dan Ainun, Dari Muda Hingga Akhir Hayat
Potret Kebersamaan BJ Habibie dan Ainun. (sumber: Brillio.net)

Menurut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, almarhum BJ Habibie akan dimakamkan di samping makam istrinya Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie, slot 120.

"Kami sudah koordinasi dengan karnisun sudah disiapkan slot di sebelah almahrumah Ibu Aninun," kata Pratikno seperti dikutip dari Antara.

Untuk menghormati semua jasa dan pengabdian almarhum BJ Habibie pada negara, pemerintah menetapkan masa berkabung nasional mulai hari ini (11/9) hingga tiga hari ke depan (14/19). M

asyarakat pun diimbau untuk mengibarkan bendera setengah tiang sebagai pernyataan duka.

"Kami mengajak masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang sampai tanggal 14 September 2019. Jadi kita akan menetapkan masa berkabung nasional selama 3 hari sampai tanggal 14 September," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Jakarta, Rabu (11/9/2019) malam.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓