Gaya Hidup Sehat, Modal Wajib Bebas dari Penyakit Kritis

Wuri Anggarini14 Sep 2019, 10:22 WIB
Gaya Hidup Sehat, Modal Wajib Bebas dari Penyakit Kritis

Fimela.com, Jakarta Kanker, stroke, dan gagal ginjal merupakan sedikit contoh dari penyakit kritis yang sulit disembuhkan dan dapat menyerang organ tubuh lainnya. Jika awalnya dikenal sebagai gangguan kesehatan yang menyerang orang-orang lanjut usia, kini tak sedikit usia produktif yang menderita penyakit ini. Untungnya, gaya hidup sehat bisa jadi tameng agar tetap optimal berkarya hingga tua.

Pola Makan Sehat dan Teratur

Aktivitas yang semakin sibuk banyak orang yang kini lebih mengutamakan kepraktisan dan melupakan asupan gizi yang sehat dan seimbang. Sering mampir ke restoran fast food hingga memesan makanan siap saji dengan perantara ojek online bikin kesehatan kian rentan. Selain konsumsi tinggi lemak, gula, dan garam, kurangnya asupan sayur dan buah memicu datangnya penyakit.

Mulai ubah pola makan dengan meningkatkan konsumsi serat, batasi asupan gula dan garam, hingga memasak sendiri di rumah. Selain lebih hemat, proses memasak yang didominasi kukus dan rebus pun jauh lebih sehat ketimbang yang dibakar atau digoreng.

Rutin olahraga

Lagi-lagi kesibukan sering jadi alasan banyak orang untuk enggan berolahraga. Padahal rutin latihan fisik dapat membantumu terhindari kelebihan berat badan dan penyakit, termasuk penyakit kritis. Sesuaikan saja pilihan olahraga dengan waktu dan kemampuan yang dimiliki. Mulai dari yoga di pagi hari, berjalan kaki di antara waktu istirahat siang, hingga berenang di akhir pekan.

Selain memiliki niat yang kuat dan berkomitmen untuk menjaga kesehatan, variasikan olahraga agar tidak mudah bosan. Bukan hanya itu saja, temukan teman seperjuangan untuk saling memberikan motivasi.

Cukup Istirahat

Terlalu sering lembur di tempat kerja atau memanfaatkan waktu tidur untuk binge-watching berisiko bikin daya tahan tubuh menurun. Pasalnya, waktu yang digunakan untuk meregenerasi sel-sel tubuh jadi berkurang dan memudahkan penyakit menyerang.

Tidur yang cukup juga membantu mengurangi kadar stres yang sering jadi sumber penyakit. Miliki jam tidur yang cukup kurang lebih 8 jam setiap malam agar tubuh tetap sehat dan bugar, serta siap menjalani aktivitas keesokan harinya.

Hentikan Kebiasaan Buruk

Menjalani pola hidup sehat bukan hanya sebatas memiliki pola makan dan waktu istirahat yang cukup, tapi juga menjauhi kebiasaan buruk, seperti merokok hingga mengkonsumsi narkoba. Konsumsi dalam jangka waktu panjang bisa membuatmu lebih mudah terserang penyakit kritis yang sulit disembuhkan, seperti kanker. Jadi stop kebiasaan burukmu sekarang juga!

Miliki Perlindungan yang Tepat

Penyakit menyerang tanpa pandang umur, bahkan penyakit kritis sekalipun. Kalau sudah terkena, siap-siap saja untuk menghabiskan banyak biaya pengobatan atau perawatan.

Ada baiknya untuk memiliki perlindungan finansial dari penyakit kritis sejak awal, salah satunya dengan asuransi kesehatan yang dapat meng-cover penyakit kritis. Pilih produk asuransi yang sesuai kebutuhan dan kemampuan serta pahami apa yang menjadi hak dan kewajibanmu.

Jangan tunggu sampai sakit, lindungi kesehatan tubuh yang berharga dengan memiliki gaya hidup sehat sejak dini. (eth)