Praktikkan 6 Fungsi Baking Soda untuk Kecantikan dan Kesehatan

Annissa Wulan17 Sep 2019, 20:00 WIB
Baking Soda

Fimela.com, Jakarta Beberapa waktu belakangan, baking soda tidak hanya dikenal sebagai bahan dapur saja, namun juga manfaatnya untuk kecantikan, pernah coba sebelumnya? Baking soda yang juga dikenal sebagai natrium bikarbonat tidak hanya bermanfaat menyerap bau, namun juga beberapa hal di bawah ini, seperti dilansir dari purewow.com, Senin (16/9/2019).

1. Masker wajah

Baking soda adalah bahan yang ampuh untuk membantu meminimalisir tampilan pori-pori dan mengelupas kulit dengan lembut, dua hal penting untuk membersihkan sumbatan-sumbatan di kulit. Kombinasikan dengan lemon yang berfungsi untuk mencerahkan kulit dan madu yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi untuk menenangkan kulit berjerawat.

Caranya, campurkan satu atau dua sendok makan baking soda dengan perasan setengah buah lemon, tambahkan satu atau dua madu. Setelahnya, aplikasikan campuran ini ke kulit wajah yang telah dibersihkan sebelumnya, biarkan selama 15 menit, dan bilas hingga bersih.

2. Membersihkan buah dan sayuran

Menurut beberapa penelitian, baking soda adalah solusi paling efektif untuk menghilangkan residu pestisida dari buah dan sayuran. Caranya, isi mangkuk besar dengan dua gelas air, tambahkan satu sendok teh baking soda, rendam buah dan sayuran selama 12 sampai 15 menit, kemudian cuci lagi dengan air bersih sebelum dimakan.

3. Penyegar udara

Sebagian besar penyegar udara dalam bentuk semprotan atau gel mengandung bahan-bahan seperti phthalate yang digunakan untuk membuat plastik dan berpotensi menyebabkan kanker. Baking soda yang digunakan sebagai penyegar udara dapat menetralkan bau, pernah coba?

Caranya, campurkan dua gelas air dengan satu sendok makan baking soda, tambahkan 15 sampai 20 tetes minyak esensial, aduk, dan taruh di dalam botol semprot.

 

4. Mengatasi gigitan serangga

Baking Soda
Ilustrasi baking soda (iStockphoto)

Baking soda dapat mengurangi bengkak dan rasa gatal akibat gigitan serangga. Caranya, campurkan satu sendok teh baking soda dengan beberapa tetes air hingga menjadi pasta, aplikasikan ke area yang terkena gigitan, dan biarkan hingga mengering.

5. Menyerap minyak atau kelembapan berlebih

Kamu mungkin sering mendapati minyak goreng yang tidak sengaja jatuh ke karpet atau kebocoran minyak di dapur, jangan letakkan handuk di situ karena dapat memperburuk keadaan. Baking soda berfungsi menyerap minyak dan kelembapan berlebih.

Caranya, gunakan waslap yang telah dibasahi hingga lembap, letakkan di area dengan minyak atau kelembapan berlebih, dan jangan digosok. Taburkan baking soda di atas area tersebut untuk menutupinya, biarkan selama satu jam, kemudian gunakan sapu atau penyedot debu untuk menghilangkan baking soda.

6. Membersihkan gigi

Baking soda dapat membantu menetralkan asam untuk meningkatkan kesehatan mulut. Campurkan dengan minyak kelapa dan beberapa tetes minyak esensial untuk membuat gigi lebih putih secara alami.

Caranya, cairkan minyak kelapa dalam panci dan api yang kecil, campurkan empat sendok makan minyak kelapa, dua sampai empat sendok makan baking soda, dan 25 tetes minyak esensial. Tuang campuran ini ke dalam toples dan simpan di lemari es, gunakan sendok untuk mengaplikasikannya pada sikat gigi sebelum digunakan.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓