FIMELA FEST 2019: 5 Alasan Pentingnya Perempuan Berdamai dengan Rasa Takut

Endah Wijayanti16 Sep 2019, 10:44 WIB
berdamai dengan rasa takut

Fimela.com, Jakarta Rasa takut adalah bagian dari emosi dan perasaan kita. Sama seperti rasa bahagia atau suka cita, rasa takut akan hadir bergantian dalam hidup ini. Rasa takut ini perlu kita miliki supaya kita bisa lebih berhati-hati dalam menjalani hari-hari kita.

Bukan berarti kita harus "bermusuhan" dengan rasa takut. Justru kita perlu berdamai dengan rasa takut supaya kita bisa terus tumbuh menjadi pribadi yang baik dari waktu ke waktu. Menghadapi setiap tantangan yang untuk menjadi perempuan yang lebih tangguh. Saatnya kita berdamai dengan rasa takut, serta memiliki mental #GrowFearless untuk menjadi perempuan yang tak gampang kalah atau lemah dalam menghadapi berbagai hal di dunia ini.

1. Meningkatkan Semangat untuk Tidak Gampang Menyerah

Kita sadar bahwa kita punya rasa takut. Lalu, kita menerimanya dan berdamai dengannya. Dari sini kita akan terpacu untuk melakukan yang terbaik dalam hidup. Saat kita dihadapkan pada situasi yang tak menyenangkan, kita tak langsung putus asa atau menyerah begitu saja. Justru, kita akan terpacu untuk melakukan sesuatu yang dapat memperbaiki keadaan.

2. Tidak Gampang Stres atau Tertekan

Pada kenyataannya, beberapa situasi dalam hidup ada yang di luar kendali kita. Kita bisa merasa stres, tertekan, dan terpuruk di situasi-situasi tertentu. Dalam kondisi yang tidak mengenakkan dan membuat kita takut, mau tidak mau kita perlu menghadapi dan menerimanya. Begitu kita sudah terlatih untuk menghadapi situasi yang kurang mengenakkan, kita akan dimudahkan untuk mengatasi kesulitan yang ada.

 

 

3. Lebih Berani Mencoba Hal-Hal Baru

kepribadian
ilustrasi./Photo by Bùi Nam Phong from Pexels

Sulit bagi kita untuk bisa membuat pencapaian baru bila kita tak mencoba hal-hal baru. Terkadang rasa takut mencegah dan menghambat kita untuk melakukan sesuatu yang luar biasa. Memang kita tidak serta merta bisa terbebas dari rasa takut. Tapi begitu kita bisa berdamai dengan rasa takut dan menerima kekurangan yang ada di dalam diri kita, kita akan lebih terpacu untuk mencoba hal-hal baru. Membuat hidup kita jadi terasa lebih berwarna.

4. Tidak Mudah Terjebak dalam Drama yang Membuang-buang Waktu

Rasa takut yang berlebihan bisa membuat kita terjebak dalam masalah yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan baik tapi kita malah membuatnya jadi rumit. Mengelola emosi dan perasaan selalu butuh latihan. Rasa takut yang hadir perlu kita terima dengan hati yang lebih lapang tanpa membuat kita merasa terlalu tertekan. Begitu kita bisa berdamai dengan rasa takut yang ada, kita bisa lebih mudah mengatasi permasalahan yang ada di depan mata tanpa melebih-lebihkannya.

5. Lebih Menikmati Hidup

Bila terus terkungkung dalam rasa takut, kita akan makin kesulitan menikmati hidup. Begitu kita sudah lebih terlatih untuk berdamai dengan rasa takut dan kekurangan yang ada dalam diri, kita akan lebih mudah menikamti hari-hari kita. Walau ada hari-hari buruk yang kita hadapi, kita masih tetap semangat menjalani hidup dengan rasa optimis bahwa masih akan ada hari-hari baik yang akan kita miliki.

“Expose yourself to your deepest fear; after that, fear has no power, and the fear of freedom shrinks and vanishes. You are free.” ― Jim Morrison

Yuk, sama-sama membangun mental #GrowFearless dalam diri kita. Semoga apa pun tantangan dan masalah yang kita hadapi saat ini, kita bisa segera menemukan solusi terbaiknya, ya.

***

FIMELA ingin mengajakmu menjadi perempuan Indonesia yang tangguh, dan terbebas dari rasa takut. Ketahuilah bahwa setiap perempuan terlahir istimewa. Yuk, Grow Fearless bersama Fimela. Segera daftarkan dirimu di sini dan dapatkan undangan FIMELA FEST 2019.

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓