Efek Minum Air dalam Botol yang Telah Terekspos Sinar Matahari Terlalu Lama

Annissa Wulan19 Sep 2019, 09:30 WIB
air mineral

Fimela.com, Jakarta Pernah dengar tentang dampak buruk minum air dalam kemasan botol yang telah lama terekspos sinar matahari? Air dan sinar matahari memang merupakan komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi dengan baik.

Beberapa orang juga percaya bahwa air di dalam botol yang telah lama terekspos sinar matahari dapat meningkatkan energi dan meremajakan tubuh, benarkah? Dilansir dari boldsky.com, Selasa (17/9/2019), minum air dari botol yang telah terkena paparan sinar matahari dalam waktu lama memiliki efek negatif pada tubuh.

Hal ini disebabkan oleh adanya bahan kimia industri BPA atau bisphenol-A dalam plastik yang berbahaya bagi tubuh. Walau sebagian besar botol air plastik tidak mengandung bahan kimia ini, BPA dapat ditemukan dalam botol polikarbonat.

 

Dampak minum air dalam botol yang telah terpapar sinar matahari dalam waktu lama

Ilustrasi Minum Air Putih
Ilustrasi Minum Air Putih (iStock Photo)

Efek buruk lainnya dari mengonsumsi air dalam botol yang telah terpapar sinar matahari adalah meningkatnya pertumbuhan bakteri berbahaya, tergantung pada spesiesnya. Agar lebih aman, sebaiknya kurangi konsumsi air yang disimpan di dalam botol plastik.

Simpan air di dalam sebuah wadah yang terbuat dari tembaga, baja, atau botol kaca. Bagaimana menurutmu?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓