4 Tips agar Alat Masak Berbahan Teflon Lebih Awet

Endah Wijayanti18 Sep 2019, 08:45 WIB
tips teflon

ringkasan

  • Gunakan Api Kecil atau Api Sedang
  • Hindari Menggunakan Alat Berbahan Logam
  • Jangan Biarkan Sisa Masakan Menempel Terlalu Lama
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Alat masak berbahan teflon sangat memudahkan kita dalam mengolah aneka hidangan. Dengan bahan yang anti lengket, kita bisa membuat aneka masakan tanpa takut gosong. Selain itu, membersihkannya pun bisa lebih mudah.

Agar alat masak berbahan teflon bisa lebih awet, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini empat tips paling penting untuk menjaga agar peralatan masak anti lengket bisa lebih awet dan tahan lama. Selengkapnya, langsung simak di sini, ya.

1. Gunakan Api Kecil atau Api Sedang

Dilansir dari thekitchensnob.com, wajan atau panci anti lengket sebaiknya digunakan dengan api kecil atau api sedang. Hindari mengolah makanan dengan api besar bila menggunakan peralatan berbahan teflon. Api yang terlalu besar bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan bahan teflon ini.

2. Hindari Menggunakan Alat Berbahan Logam

Misalnya, ketika akan menumis masakan, gunakan sudip berbahan kayu atau berbahan silikon. Hindari yang berbahan logam karena berisiko akan menggores permukaan teflon. Sebab bila permukaan teflon sudah tergores, maka fungsi anti lengketnya bisa semakin pudar.

3. Gunakan Spons Lembut untuk Membersihkannya

Waktu yang Tepat Untuk Menganti Spons Cuci Piring
Ilustrasi. (sumber: Istockphoto)

Untuk membersihkan atau mencuci alat masak berbahan teflon ini, gunakan spons yang lembut. Hindari spons kasar atau alat pencuci yang berisiko membuat permukaan teflon tergores. Gunakan sabun secukupnya saja dan tak menggosok permukaan berbahan teflon terlalu keras.

4. Jangan Biarkan Sisa Masakan Menempel Terlalu Lama

Dalam proses mencuci dan membersihkannya, pastikan tak ada sisa masakan atau bahan makanan yang menempel. Pastikan permukaannya benar-benar bersih dan mulus tanpa ada sisa-sisa makanan. Bila dibiarkan menempel terlalu lama, nantinya akan mengeras dan malah merusak bahan teflonnya.

Itu tadi empat tips penting dan utama agar alat masak berbahan teflon yang kita punya di rumah bisa lebih awet. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓