Ini Alasan Buah Pisang Sangat Baik Dimakan Penderita Asam Urat

Febi Anindya Kirana17 Sep 2019, 16:45 WIB
pisang

ringkasan

  • Pisang memiliki kandungan purin rendah dan vitamin C yang tinggi
  • Vitamin C diketahui dapat menurunkan risiko penyakit asam urat dan mengurangi efek asam urat di dalam tubuh
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Salah satu penyebab mengapa orang menderita asam urat adalah makanan yang tidak dijaga dengan baik. Pilihan makanan tertentu bisa menyebabkan peningkatan asam urat di dalam tubuh yang menimbulkan nyeri di sendi-sendi tubuh.

Beberapa makanan memang mengandung purin tinggi, senyawa yang diolah dan diubah menjadi asam urat di tubuh dan berisiko mengendap dan mengkristal di sendi. Dan beberapa orang ada yang cenderung mengalami asam urat tinggi sehingga harus mengatur pola makan yang baik, salah satunya banyak makan pisang.

Pisang Mengandung Purin Rendah

pisang
ilustrasi buah pisang/Photo by Kawin Harasai on Unsplash

Salah satu makanan yang baik dikonsumsi penderita asam urat adalah buah pisang. Sebuah penelitian tahun 2009 dari PubMed Central dalam Archives of Internal Medicine, menyebutkan bahwa pisang memiliki kandungan purin rendah dan vitamin C yang tinggi sehingga sangat sehat dikonsumsi setiap hari oleh penderita asam urat.

Vitamin C diketahui dapat menurunkan risiko penyakit asam urat dan mengurangi efek asam urat di dalam tubuh, jadi akan sangat baik jika penderita asam urat banyak makan makanan mengandung vitamin C.

Jadi itulah alasan mengapa konsumsi buah pisang sangat baik dan sehat untuk penderita asam urat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓