Tips Aman dan Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Ayu Puji Lestari18 Sep 2019, 10:55 WIB
Kartu Kredit

ringkasan

  • Hindari Membayar Tagihan dengan Jumlah Minimum
  • Bayar Tagihan Tepat Waktu
  • Hindari Menggunakan Kartu Kredit di Atas Limit
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Banyak yang salah tanggap dalam memaknai kartu kredit. Kartu kredit dianggap sebagai kartu ajaib untuk utang, nyatanya kartu kredit fungsinya sama dengan kartu debit yaitu sebagai alat pembayaran.Kartu kredit seharusnya memudahkanmu bukan justru menyulitkanmu.

Nah, agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut ini adalah tips menggunakan kartu kredit secara aman. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Hindari Membayar Tagihan dengan Jumlah Minimum

Salah satu manfaat kartu kredit adalah kamu dapat membayar barang yang dibutuhkan dengan cara mengangsurnya. Well, meskipun ada fasilitas mencicil dengan jumlah angsuran minimum sebaiknya hindari itu. Yang perlu diingat saat membayar angsuran ada bunga yang harus dibayar, jadi ada baiknya hindari membayar angsuran kartu kredit dengan jumlah minimum karena biaya bunga yang harus dibayar pun semakin besar.

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Kartu Kredit
Ilustrasi Kartu Kredit (iStockphoto)

Segera bayar tagihan kartu kreditmu. Menunda membayarnya justru akan menambah biaya yang harus dikeluarkan. Pembayaran kartu kredit saat ini bisa melalui internet banking dengan pelayanan 24 jam, jadi seharusnya tidak ada alasan untuk menunda pembayaran kartu kredit.

Hindari Menggunakan Kartu Kredit di Atas Limit

Setiap kartu kredit memiliki limit, jadi usahakan untuk tidak menggunakan kartu kreditmu di atas limit yang diberikan. Seharusnya kjartu kredit dapat membantumu lebih bijak dalam mengatur keuangan.

Misalnya kartu kredit yang dimiliki memiliki limit 15 juta, maka hindari menggunakannya lebih dari itu. Meskipun kartu kredit masih bisa digunakan saat over limit, namun ada denda yang harus dibayar. Hmm, tidak ingin membayar biaya ekstra bukan?

Demikian 3 hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan kartu kredit. Tetap bijak dalam mengolah keuangan.

#GrowFearLess with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓