5 Tanda Pernikahan Tak Lagi Bahagia, Merasakannya?

Mimi Rohmitriasih25 Sep 2019, 16:15 WIB
Selingkuh

ringkasan

  • Pasangan bukan lagi prioritas utama
  • Tak ada lagi rasa peduli dan respon
  • Komunikasi yang buruk
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Ketika memutuskan untuk menikah, setiap orang pasti ingin pernikahan itu adalah pernikahan yang bakal bahagia dan langgeng selamanya. Hampir tidak ada orang yang menikah tapi menginginkan pernikahannya berjalan menyedihkan dan menyakitkan.

Agar pernikahan bahagia dan langgeng selalu, para ahli menyarankan dua orang di dalamnya selalu memupuk cinta yang ada. Para ahli menyarankan agar pasangan bisa lebih peduli, lebih sayang dan lebih perhatian untuk satu sama lain. Komunikasi yang baik juga sangat penting untuk dijaga.

Melansir dari laman prevention.com, ketika komunikasi dalam pernikahan buruk, ini bisa merusak rumah tangga yang dibangun. Bahagia atau tidaknya suatu pernikahan bisa dilihat dari beberapa hal di dalamnya. Berikut adalah tanda bahwa pernikahanmu dengan pasangan terasa tak bahagia lagi.

Tanda Pernikahan Tak Lagi Bahagia

Perselingkuhan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Adanya Jarak

Tanda pertama ketika pernikahan tak lagi bahagia adalah adanya jarak di antara dirimu dan pasangan. Dalam buku berjudul Should I Stay or Should I Go dituliskan jika jarak dalam pernikahan bisa membuatmu tak nyaman dengan pernikahan yang ada. Adanya jarak ini juga membuatmu dan pasangan lebih sibuk memikirkan diri masing-masing.

Pasangan Bukan Lagi Prioritas Utama

Tanda selanjutnya adalah pasangan bukan lagi prioritasmu atau sebaliknya. Ketika merasakan hal ini dalam hubunganmu, cari tahu lagi apa yang salah dengan pernikahanmu. Jangan sampai karena hal-hal sepele pernikahanmu berakhir di meja perceraian.

Komunikasi Buruk

Komunikasi buruk, sering terjadi salah paham dan selisih pendapat juga menjadi tanda pernikahan tidak lagi bahagia. Para ahli mengungkapkan jika pernikahan bahagia adalah pernikahan dengan komunikasi lancar dan baik di dalamnya meski jarak dan waktu memisahkan suami serta istri.

Tak Ada Lagi Rasa Peduli dan Respon

Pernikahan yang tak lagi bahagia juga ditanda dengan hilangnya rasa kepedulian untuk satu sama lain. Hilangnya respon pada pasangan juga meningkatkan risiko pernikahan tak bahagia bahkan berakhir di tengah jalan.

Berhubungan Seks Tapi Tidak Terpuaskan

Ketika hubungan pernikahan tidak lagi bahagia, tanda yang paling bisa dilihat adalah tetap ada hubungan seks di dalamnya tapi tak pernah merasa terpuaskan dengan hubungan yang ada. Seorang ahli seks di New York mengungkapkan jika pernikahan yang tidak bahagia ditandai dengan adanya seks di dalamnya namun seks tersebut dilakukan bukan karena cinta melainkan untuk pelampiasan fisik semata.

Itulah beberapa tanda yang menunjukkan pernikahan tak lagi bahagia. Apakah dirimu merasakan salah satu atau beberapa tanda di atas di pernikahanmu dan suami? Yang terpenting dalam pernikahan adalah komunikasi yang lancar. Komunikasi kunci utama agar pernikahan bahagia dan langgeng selalu.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓